News

Kades Minta RT dan RW Aktif Jaga Lingkungan

MERANTI - Peran Ketua RT dan RW sangat dibutuhkan dalam menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. Selain harus lebih mengenal warga mereka, Ketua RT dan RW juga wajib melakukan pengawasan terhadap aktivitas yang terjadi di lingkungannya, serta mendata bagi warga pendatang.

"RT dan RW memiliki peran yang sangat strategis, utamanya sebagai mitra desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat," ungkap Kepala Desa Tanjung Pisang, Seliyanto, Rabu (6/3/2019).

Di Desa Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putripuyu, Kepulauan Meranti, Riau terdapat 9 RT dan 4 RW. Kades berharap, Ketua RT dan RW yang ada di desa tersebut mampu memberikan pelayanan terbaik dan aktif menjaga kondusifitas di setiap wilayah kerjanya.

"Tanpa dukungan RT dan RW, dalam menata pemerintahan yang baik, aman dan tentram amat sulit diwujudkan," jelas dia.

Tidak hanya itu, sambung Seliyanto, untuk masalah gaji setiap Ketua RT/RW tiap bulannya bersumber dari Anggaran Desa, sehingga eksistensi lembaga masyarakat ini perlu terus dibina, diperkuat dan diberdayakan.

Sementara itu, Anggota Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pisang, Brigadir Sisunardi mengatakan, semua pihak wajib terlibat dalam memelihara kondusifitas. Ini penting mengingat seiring perkembangan suatu wilayah.

"Terutama Ketua RT dan RW, yang berhadapan langsung dengan warga. Misalnya dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi di tengah masyarakat," ujarnya.

Dia menilai, RT dan RW di Desa Tanjung Pisang sangat aktif dalam menjaga lingkungan masing-masing. Bahkan, setiap akan ada kegiatan selalu duduk bersama.

"Salah satu tugas polisi adalah menjamin rasa aman bagi masyarakat, namun hal tersebut tidak dapat terwujud kalau polisi bekerja sendiri tanpa partisipasi masyarakat," jelas dia.(rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan