Parlemen

DPRD Dorong Koperasi di Meranti Berinovasi

Ket foto : Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandy S Hum.

MERANTI - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti, Darwin Susandi S Hum, meminta koperasi yang ada di daerah ini bisa berinovasi agar lebih berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita ingin koperasi yang ada di Kepulauan Meranti bisa berinovasi, mempunyai program-program yang bisa menyejahterakan dan bermanfaat bagi anggota dan lingkungan," kata Darwin, Rabu (20/3/2019).

Dia minta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (DisperindagkopUKM) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memaksimalkan peran koperasi. Karena, jika dikembangkan dengan baik koperasi bisa menjadi wadah yang sangat tepat untuk meningkatkan perekonomian anggota dan lingkungan sekitarnya.

"Pengurus harus benar-benar mampu mengelola koperasi sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berinovasi dan berani melakukan terobosan," ujarnya.

Disamping itu, sambung Darwin, DisperindagkopUKM juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada pengurus koperasi agar bisa mengembangkan usahanya.

"Koperasi dan usaha kecil menengah merupakan bagian dari pelaku usaha yang berkontribusi dalam memperkuat perekonomian masyarakat. Karenanya, peran koperasi harus benar-benar dimaksimalkan," jelas dia.

Sementara itu, Kadis PerindagkopUKM Kepulauan Meranti, Drs Azza Fahroni menyebutkan, di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat sekitar 200 lebih koperasi. Namun, dari jumlah tersebut saat ini hampir separuhnya tidak aktif lagi, dan tidak tahu kepengurusannya. Sementara sekitar 100 koperasi sisanya saat ini masih di bawah binaan DisperindagkopUKM Meranti.

"Kita terus mendorong agar pelaku UMKM bisa bergabung atau membentuk koperasi. Karena, makin banyak terbentuk koperasi, maka semakin banyak usaha masyarakat yang bisa dikembangkan," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Azza, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui DisperindagkopUKM terus memantau perkembangan UMKM di daerah ini, terutama yang tergabung dalam sebuah koperasi.

"Bagi UMKM yang kelihatan mulai berkembang, akan kami bimbing terus, juga fasilitasi. Itu juga merupakan target kinerja kami," bebernya. (Adv)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan