Riau

Buat Tanjak Terbesar se Indonesia, UMRI Raih Penghargaan MURI

PEKANBARU -- Dengan Tinggi 4 meter dan berdiamer 6 Meter, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) terima penghargaan dari Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Tnajak terbesar di Indonesia.

Penyerahan piagam rekor MURI itu diserahkan Awan Rahargo dari MURI, kepada Rektor UMRI Dr MUbarak MSi, Ahad (31/3/2019), sekaligus pembukaan kegiatan Pekan budaya dan wirausaha sempena Milad ke 11 UMRI tahun 2019, di halaman kampus 2 UMRI jalan Tunaku Tambusai ujung Pekanbaru.

Awan Rahargo menjelaskan, pemberian rekor MURI kepada UMRI yang mambuat reflika Tanjak bernama Tebing Runtuh tersebut sudah sesuai dengan kriteria pemberian penghargaan yakni dalam membuat objek yang luar biasa.

"MURI itu memberikan penghargaan dalam bentuk kegiatan yang terukur, seperti melaksnakan kegiatan dengan jumlah yang terlibat sangat banyak, membuat sesuatu yang unik, dan UMRI ini adalah membuat suatu objek yang cukup besar dan ini baru pertama di Indonesia, makanya hari ini kita menyerahkan penghargaan atau piaram Rekor MURI bernomor 8940 untuk UMRI," jelas Awan usai penyerahan piagam.

Sementara Rektor UMRI Mubarak menjelaskan, pembuatan reflika Tanjak Tebing Runtuh yang meraih rekor MURI ini adalah bagian UMRI untuk terus menjaga kabudayaan Melayu, salah satunya adalah berupa artepak yakni Tanjak.

"Mulai desain, hingga akhir pengerjaan, dibutuhkan waktu sekitar Tiga bulan untuk membuat reflika tanjak ini. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dana pembuatannya berasal dari para alumni, Dosen, karyawan dan Mahasiswa UMRI," jelas Mubarak.

Mubarak berharap dengan dibuatnya tanjak terbesar di Indonesia ini oleh UMRI, akan semakin memperkokoh dan menjaga keutuhan khasanah budaya Melayu, terlebih Tanjak bagi orang Melayu merupakan suatu yang sangat tinggi kedudukannya, karena dipakaikan di Kepala yang merupakan bagian tubuh yang sangat tinggi nilainya. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan