Pendidikan

Kualitas Udara 6 Daerah di Riau Menurun, Diskes Belum Rekomendasi Sekolah Libur

PEKANBARU - Kualitas udara di 6 wilayah di Riau masih cukup buruk. Namun, hingga kini Dinas Kesehatan Riau belum merekomendasikan Dinas Pendidikan untuk meliburkan aktivitas di sekolah.

Adapun enam daerah yang udaranya tidak sehat yakni Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Pelalawan, Bengkalis dan Indragiri Hilir (Inhil).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Diskes Riau, dr Yohanes saat dikonfirmasi perihal tersebut mengakui, memang sejauh ini pihaknya belum ada rekomendasi untuk libur sekolah karena kualitas udara diambang batas.

"Ya belum kita rekomendasikan libur sekolah. Karena Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masih fluktuatif," kata Yohanes, Selasa (6/8/2019).

Yohanes menjelaskan ISPU masih fluktuatif tersebut karena kualitas udaranya kadang dibawah 100 Psi (sedang). Namun kadang kualitas diatas 100 Psi (tidak sehat).

"Karena alasan itulah kita belum rekomendasikan untuk libur sekolah kualitas udara paling tunggu 106-107 Psi. Namun kalau kualitas udara sudah di atas 200-300 Psi (sangat tidak sehat), baru kita rekomendasi untuk libur sekolah," ujarnya.

Namun untuk merekomendasikan libur sekolah itu, tambah Yohanes, terlebih pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD dan Disdik Riau.

"Kita harus rapat dulu dengan OPD terkait untuk memutuskannya. Kalau sekarang diliburkan, anak-anak bukan malah istirahat tapi main-main di luar rumah, malah bisa terpapar kabut asap," cakap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Diskes Riau ini. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan