News

Dua Napi Lapas Bengkalis Kabur Lewati Tembok Tujuh Meter

BENGKALIS - Dua narapidana warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis melarikan diri dengan cara memanjat tembok Lapas yang memiliki tinggi sekitar tujuh meter, Kamis (23/4/2020) kemarin sekitar pukul 15.45 WIB.

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Bengkalis Aris Yuliyanta mengatakan dua warga binaan yang melarikan diri tersebut bernama Syamsuardi narapidana kasus narkoba dengan hukuman tujuh tahun enam bulan penjara. Serta rekannya Syafran terpidana kasus narkoba dan pencurian dengan masa hukuman lima tahun penjara. 

Mereka melarikan diri, memanfaatkan waktu berangin angin atau waktu keluar dari sel tahanan untuk menikmati udara segar namun tetap dalam blok kamar tahanan. Dimana waktu berangin angin secara rutin diberikan petugas Lapas Bengkalis saat selama dua jam mulai pukul 14.00 WIB siang hingga pukul 16.00 WIB. 

"Waktu berangin-angin inilah dimanfaatkan dua narapidana untuk melarikan diri. Untuk keluar dari blok tahanan mereka membobol gorong-gorong blok tahanan mereka," ungkap Aris, Jumat (24/4) pagi.

Setelah berhasil membobol gorong-gorong, dua warga binaan ini juga merusak terali di dalam gorong-gorong dan keluar menuju area brandgang atau ruangan antara sel dan tembok dalam Lapas melalui gorong-gorong. Mereka kemudian menelusuri tembok dalam dan melompat keluar melalui sekur tembok luar.

"Aksi mereka ini kita ketahui menjelang masuk sel tahanan setelah berangin angin digelar apel awal warga binaan sebelum dimasukkan dalam sel. Saat apel inilah kita ketahui ada dua warga binaan yang kurang," ungkapnya.

Mengetahui dua tahanan kurang petugas Lapas melakukan pengecekan di kamar kamar lain. Pemeriksaan di kamar lain dilakukan untuk mengetahui mana tau kemungkinan mereka menyelinap ke kamar lain, ternyata setelah dicek tidak ada.

"Kita langsung melakukan pengecekan CCTV pada pukul 17.00 WIB sore. Hasil pengecekan inilah terlihat dua orang ini sedang berada di brandgang samping dan memanjat pagar," tambahnya.

Karena jelas melarikan diri, Pihak Lapas Bengkalis langsung berkoordinasi dengan Polres Bengkalis untuk melakukan pencarian. Sampai hari ini petugas Lapas Bengkalis bersama Polres melakukan pencarian terhadap dua warga binaan Lapas Kelas II A Bengkalis ini. 

"Kita bersama petugas Kepolisian sampai saat ini melakukan pencarian, selain itu foto kedua warga binaan ini juga sudah kita sebar di tempat tempat umum. Jika masyarakat melihat mereka bisa melaporkan kepada kita atau pihak Kepolisian Bengkalis," tandasnya.
 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan