Sosbud

Pemdes Tanjung Pisang Bagikan Paket Sembako ke Warga

MERANTI - Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putripuyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, membagikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada warganya yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Senin (11/5/2020).

Kepala Desa Tanjung Pisang, Seliyanto mengatakan, sembako yang dibagi sebanyak 32 paket untuk 32 Kepala Keluarga (KK). Merupakan bansos dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti.

"Bersama Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pisang, Babinsa dan pihak Kecamatan, sembako-sembako tersebut kita antar langsung ke rumah masing-masing penerima. Untuk menghindari kerumunan," kata Seliyanto.

Dijelaskannya, paket sembako yang dibagikan itu senilai Rp600 ribu. Dengan rincian, satu papan telor, 28 kg beras, 1 kotak mie instan, minyak goreng kemasan 2 kg, gula pasir 3 kg, dan 1 kaleng ikan sarden.

"Para penerima bantuan ini merupakan hasil pendataan yang dilakukan oleh Ketua RT. Setelah data terkumpul, dilakukan validasi di tingkat dusun, desa dan pemerintah kecamatan," bebernya.

Disamping itu, kata Seliyanto, Pemdes juga menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk 37 KK. Setiap KK akan menerima Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan.

"Untuk penyalurannya, kita tetap mengacu pada ketentuan pemerintah. Dimana, bagi mereka yang telah mendapatkan Program Keluarga Sejahtera (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun bansos kabupaten, maka tidak kita masukkan lagi sebagai penerima BLT," bebernya.

Terpisah, Camat Tasik Putripuyu Sugiati, sebagaimana disampaikan Sekretarisnya, Tengku Mahadar, bahwa sebanyak 5 dari 10 desa di kecamatan itu tidak mengajukan bansos yang disalurkan oleh Pemda Kepulauan Meranti. Lima desa tersebut mengandalkan PKH, BPNT dan BLT yang bersumber dari DD untuk membantu masyarakatnya.

"Jadi, untuk bansos pemda hanya 5 desa yang mengajukan. Total 309 paket untuk 309 KK," ungkapnya. (rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan