News

Pengguna Transportasi Kempang Wajib Pakai Masker

MERANTI - Penggunaan masker dinilai penting guna mengantisipasi pandemi virus Corona (Covid-19). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti pun meminta seluruh masyarakat wajib gunakan masker, termasuk bagi pengguna transportasi kempang.

Kempang merupakan moda transportasi air yang banyak digunakan masyarakat Kepulauan Meranti guna melakukan penyeberangan antar pulau atau daerah. Aktivitas penyeberangan terus dilakukan meski Covid-19 terus mewabah.

Mengetahui kondisi tersebut, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi mengatakan, penumpang tetap boleh melakukan penyeberangan, asalkan menerapkan pola physical distancing. Tak lupa pula untuk menggunakan masker saat bepergian.

"Kita tak dapat membatasi aktivitas, namun tetap saya minta masyarakat untuk melakukan pola-pola pencegahan agar tidak terpapar virus Corona," ujarnya, beberapa waktu yang lalu.

Irwan juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti untuk mengawasi aktivitas penyeberangan diseluruh pelabuhan kempang. Ketersediaan masker juga harus diperhatikan agar dapat dibagikan kepada mereka yang belum memilikinya.

"Pasti ada beberapa masyarakat yang tidak menggunakan masker. Untuk itu, petugas yang di tempatkan pada setiap pelabuhan kempang harus memiliki stok masker untuk dibagikan," pungkas Irwan.

Sementara itu, Kepala Dishub Kepulauan Meranti, Dr H Aready mengaku, pihaknya sudah menempatkan petugas diseluruh pelabuhan kempang hingga hari raya Idul Fitri nanti. Setiap pelabuhan ada dua hingga tiga orang untuk mengawasi aktivitas penyeberangan.

Pengawasan terus diperketat, sebab Kepulauan Meranti dikelilingi oleh daerah zona merah dan kuning. Keamanan dan kenyamanan masyarakat merupakan hal utama, terlebih lagi disaat pandemi Covid-19 ini.

"Yang jelas kita terus menjaga agar daerah ini tetap zona hijau. Untuk penggunaan masker sudah kami sampaikan kepada seluruh penumpang dan pemilik kempang. Bahkan jumlah penumpang dalam sudah dibatasi agar mereka bisa jaga jarak aman," tutupnya. (*)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan