Pemerintah Daerah

Pemkab Meranti Gelar Latsar CPNS Golongan II dan III Tahun 2020

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Meranti, menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) untuk CPNS Golongan II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, pada kesempatan itu Bupati yang diwakili oleh Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SPd M.Si, berharap kepada para CPNS dapat menjadi pelayanan masyarakat yang berintegritas, Pembukaan Latsar ini dipusatkan di Aula Biru Kantor Bupati, Rabu (24/6/2020).

Turut hadir dan mengikuti acara, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SPd MPd, Kepala BPSDM Provinsi Riau Drs. H. Joni Irwan M.Si, Legislator DPRD Meranti M. Amin, para Widyaiswara Provinsi Riau, Kepala Badan Kepegawaian Meranti H. Alizar S.Sos M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri Hasanto, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, serta puluhan CPNS Golongan II dan III dilingkungan Pemkab. Meranti. 

Pembukaan Latsar CPNS Meranti Tahun 2020, langsung dilakukan oleh Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner didamping Kepala BKD Meranti H. Alizar yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan CPNS.

Sekedar informasi Latsar CPNS dilingkungan Pemkab. Meranti kali ini berbeda dari biasanya karena dilakukan secara Online melalui Video Conference, seperti dijelaskan oleh Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala BKD Meranti Alizar, pelatihan secara Online terpaksa dilakukan karena melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang sangat perlu diwaspadai. Namun meski pelaksanaan Latsar ini dilakukan secara Online atau jarak jauh tapi tidak mengurangi maksut, tujuan serta mutu kegiatan dan yang paling penting dapat dipertenggungjawabkan secara hukum.

Latsar CPNS Tahun 2020 ini diikuti oleh 214 orang peserta dengan rincian 162 CPNS Golongan III dan 52 orang CPNS Golongan II. Nantinya para peserta akan mengikuti pembelajaran selama 51 hari mulai dari tanggal 24 Juni - 2 September 2020.

Dengan pembagian 18 hari belajar melalui Vidcome menggunakan Zoom Meeting, dilanjutkan aktualisasi ditempat kerja dan diakhiri dengan ujian selama 3 hari.

Menyikapi kegiatan ini, Asisten III Sekdakab. Meranti Drs. H. Rosdaner M.Si, mengatakan sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, kegiatan Latsar CPNS ini sangat penting untuk membangun, integritas, moral, kepribadian serta jiwa Nasionalisme ASN.

"Kita berharap melalui latihan dasar ini dapat membentuk ASN yang memiliki pengetahuan, terampil serta penuh rasa tanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat," ujar H. Rosdaner.

Selain itu melalui pelatihan dasar ini dapat membentuk kedisiplinan dan profesionalitas penyelenggara negara yang memiliki peran penting sebagai agen pembaharuan.

"Dengan begitu dapat bertindak dengan cepat, tepat dan benar dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah," jelasnya lagi.

Selanjutnya Rosdaner berpesan jangan sampai gara-gara terlalu bangga menjadi PNS justru mengikis semangat sebagai Abdi Negara yang nota bene merupakan pelayan masyarakat

"Itu merupakan pemahaman yang keliru dan jangan sampai terjadi karena itu dapat menjadi sebuah indikator kinerja PNS," tegasnya.

Terakhir Asisten III Sekda Rosdaner, mengingatkan kepada ASN untuk selalu bersifat jujur, berdaya guna serta penuh tanggungjawab sebagai abdi negara dan yang tak kalah penting taat dan patuh kepada UUD 45 dan Pancasila.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPSDM Provinsi Riau Drs. H. Joni Irwan M.Si, dikatakannya pelatihan dasar wajib ini merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh CPNS untuk memberikan bekal pengetahuan sebagai abdi masyarakat sehingga mampu menjadi PNS yang handal terutama di era globasilsasi seperti saat ini.

Apalagi di era globalisasi saat ini sangat dibutuhkan keterampilan dan profesionalisme aparatur dalam menjalankan fungsinya dengan tetap menjauhi korupsi, kolusi dan nepotisme.

Agat apa yang ingin dicapai dapat terwujud, Asisten III Sekdakab. Meranti berpesan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik dan pro aktif serta penuh kesungguhan

"Galilah sebanyak-banyak informasi sebagai bekal menjadi Aparatur yang siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat," pungkasnya. (Adv)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan