News

Polres Meranti Bersama Pemkab Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan Karhutla Serta Covid-19

MERANTI - Polres Kepulauan Meranti bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar rapat koordinasi (rakor) pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta Covid-19. Rapat berlangsung di Ruang Sabhara Polres Kepulauan Meranti, Selasa (7/7/2020). 

Kegiatan dihadiri Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Danramil 02/Tebingtinggi yang diwakili Peltu Lakatang, Danposal Selatpanjang yang diwakili Serka Wilson, Kepala BPBD Meranti, Idris Sudin, Kadiskes Meranti, dr Misri Hasanto MKes, Kasatpol PP Meranti, Helfandi SE MSi serta pihak terkait lainnya. 

Dalam pemaparannya, Taufiq mengatakan bahwa, menghadapi musim kemarau salah satu masalah yang perlu diantisipasi yakni kebakaran lahan dan hutan (karhutla). Menurutnya, hal ini perlu dicegah sedini mungkin dikarenakan 99 persen hampir bencana Karhutla disebabkan oleh ulah manusia, dan pencegahan karhutla juga merupakan atensi dari Presiden yang harus dicermati dan dipahami bersama. 

"Dengan adanya rapat ini saya mengharapkan adanya masukan dari bapak dan ibu sekalian untuk meminimalisir terjadinya Karhutla, dan sekiranya dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, kemudian daerah Kabupaten Meranti merupakan daerah yang termasuk daerah yang siaga tanggap darurat bencana Karhutla, " ujarnya. 

Kemudian, Sambung Kapolres, meski sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19, upaya meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya Karhutla juga tak kalah penting. Kelalui rapat tersebut diharapkan agar dapat membahas penanganan, pencegahan Karhutla pada saat Pandemi Covid-19. 

"Dalam upaya pencegahan Karhutla kita dapat melakukan early warning melalui sebuah aplikasi yaitu, Dashboard Lancang Kuning yang mana sudah memudahkan kita untuk dapat memonitoring titik api di suatu wilayah di handphone Android kita masing-masing tentunya ini merupakan suatu upaya yang harus sama-sama kita pahami untuk memudahkan pekerjaan kita dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya. 

Dijelaskan Kapolres, berkaitan dengan Kampung Tangguh Nusantara, yaitu ketahanan pangan untuk mendukung masyarakat yang terdampak pandemi Covid -19, yang mana lahannya sudah ditentukan di lahan seluas 2 hektare yang berada di Desa Gogok Darussalam yang sudah ditanami tanaman Jagung. 

"Kemudian juga tidak bosan bosannya kita tetap selalu mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tetap mengikuti standar protokol kesehatan dan dapat menyadari masyarakat bahwasanya situasi new normal ini tetap mengutamakan standar protokol kesehatan," pungkasnya. 

Selanjutnya, penyampaian dan kendala yang dihadapi oleh Kepala BPBD Kepulauan Meranti, Idris Sudin dalam upaya penanggulangan bencana Karhutla. 

Ia mengungkapkan bahwa data terkait dengan Beberapa luasnya lahan yang terbakar di wilayah Kab. Kep. Meranti harus didapat dari BPBD berdasarkan Instruksi Gubernur

"Terkait dengan masih kurangnya Anggaran BPBD dalam upaya melakukan Penanggulangan Bencana Karhutla, " ujarnya. 

Penyampaian beberapa masukan dan kendala oleh Camat Rangsang Barat, dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla, berikut beberapa penyampaian oleh Kecamatan Rangsang Barat. 

"Diharapkan agar kita semua sepakat untuk mendata bencana Karhutla berdasarkan data dari BPBD Kepulauan Meranti," ujarnya. 

Kemudian, penyampaian beberapa masukan dan kendala oleh Camat Tebing Tinggi Barat, dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla. 

"Terkait dengan masih belum memadainya Anggaran di Kecamatan untuk menanggulangin bencana Karhutla," ujarnya. 

Penyampaian beberapa masukan dan kendala oleh Camat Tasik Putri Puyu, dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla. 

"Kita mengharapkan agar BPBD Meranti dapat lebih meningkatkan dalam pengukuran Data luasnya lahan yang terbakar," ujarnya. 

Penyampaian beberapa masukan dan kendala Oleh Camat Rangsang, dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla. 

"Terkait dengan Strategi-strategi dalam upaya mengantisipasi bencana Karhutla, " ungkapnya. 

Penyampaian dan beberapa masukan Oleh Koramil 02 Tebing Tinggi dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla. 

"Agar tetap semangat dalam menanggulangi bencana karhutla meskipun kurang memadainya anggaran dalam penanggulanga bencana," bebernya. 

Penyampaian dan beberapa masukan Oleh Kasatpol PP Kab. Kep. Meranti dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla. 

"Agar melalui Pemerintah daerah untuk mengantisipasi daerah daerah yang rawan terbakar," ungkapnya. 

Satpol PP Kepulauan Meranti siap berkolaborasi dengan TNI-Polri dan Pemerintah Meranti dalam upaya Menanggulangi Bencana Karhutla. 

Selanjutnya, Penyampaian dan beberapa masukan Oleh Camat Tebing Tinggi Timur dalam upaya Penanggulangan Bencana Karhutla, 

"Agar tetap mengutamakan upaya upaya pencegahan dikarenakan melalui pencegahan ini dapat menghindari terjadinya bencana Karhutla, " ucap Rudi. 

Penyampaian Situasi terkini terkait dengan Covid-19 di Kepulauan Meranti Oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr Misri Hasanto. 

"Terkait dengan seluruh Kecamatan yang ada di Kab. Kep. Meranti telah diperlonggar dan siap menghadapi new normal yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan, " pungkas Misri

Sekda Meranti Bambang Supriyanto menanggapi keluhan terkait anggaran mengungkapkan akan  mengupayakan bagaimana anggaran penanggulangan Karlahut dapat segera dicairkan namun semua tergantung dari ketersediaan anggaran di kas daerah yang diperuntukan untuk penanganan Karlahut. Sekda juga meminta kepada semua pihak mulai dari BPBD, Kecamatan, Desa, Kepolisian dan TNI, masyarakat serta instansi terkait lainnya dapat meningkatkan sinergitas untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya Karlahut ditengah Pandemi Covid-19 saat ini.

“Karena tanpa sinergitas dan kerjasama dari semua pihak upaya antisipasi dan penanggulangan Karlahut diwilayah Kepulauan Meranti akan sulit dilakukan,” pungkas Bambang.  (rls)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan