News

Antisipasi Karhutla, Ini Yang dilakukan Apdesi Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan

Pemasangan baliho oleh Apdesi di Kecamatan Pangakalan Kuras Pelalawan

PELALAWAN- Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi), Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau berkomitmen mendukung pemerintah dalam mencegah terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla).

Apdesi sepakat, pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat ini sudah menjadi tanggung jawab bersama. 

Setiap elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan di tingkat paling bawah juga harus bahu-membahu dalam menanggulangi bencana tersebut. 

Syafri, Ketua Apdesi Kecamatan Pangkalan Kuras mengatakan, pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam melakukan pencegahan dan juga penanggulangan Karhutla. 

Sebagai wilayah yang rawan Karhutla, desa harus bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan juga masyarakat peduli api (MPA).

"Saya juga menghimbau seluruh kepala desa yang wilayahnya sering terjadi Karhutla agar mengajak warganya masing-masing untuk tidak membuka kebun dan ladang dengan cara membakar," ujar Syafri. 

Syafri pun meminta semua kepala desa agar tetap waspada dengan ancaman Karhutla meskipun curah hujan masih kerap terjadi. 

Untuk mensukseskan Riau Bebas Asap, kata Syafri  kerjasama yang baik dengan stake holder lainnya.

"Koordinasi dengan TNI-Polri dan juga perusahaan harus tetap terjaga dan ditingkatkan lagi untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing," ujarnya. (rls)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan