News

HUT ke-60, Karang Taruna Bantu Distribusikan Ratusan Karung Beras Bantuan Pemkab Meranti

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyalurkan sembako berupa beras cadangan pemerintah (BCP) kepada masyarakat terdampak covid-19 di daerah itu.

Jumlahnya 470 karung, beras ukuran 10 Kg. Pendistribusian dilakukan melalui organisasi sosial Karang Taruna, sebagai bentuk partisipasi aktif Karang Taruna Kepulauan Meranti dalam membantu masyarakat sempena HUTnya ke-60.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan MSi, bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) LAM Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (28/9/2020).

Dalam sambutannya, Irwan menegaskan jika Pemkab sangat berkomitmen membantu masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kepulauan Meranti. 

"Kita ingin bantuan ini dapat dinikmati seluruh masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kepulauan Meranti. Baik petugas kebersihan, buruh pelabuhan, tukang becak, guru honor kemenag, dan lainnya," sebutnya.

Selanjutnya, untuk menunjang pemulihan ekonomi, Bupati berharap sektor ekonomi oleh masyarakat dapat terus berjalan. Pemkab sendiri akan berupaya memberikan kemudahan dan relaksasi kepada para pelaku usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi.

"Untuk itu, mari kita rapatkan barisan dalam mengatasi Covid-19. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi di Meranti. Kita berharap satu minggu ini tidak ada lagi peningkatan kasus sehingga tempat rekreasi keluarga seperti RTH LAM ini dapat kembali dibuka untuk umum, dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kabupaten Kepulauan Meranti, Agusyanto Bakar menjelaskan saat ini pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berupaya untuk mempertahankan ketahanan pangan bagi rumah tangga miskin maupun rumah tangga yang rentan miskin terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19. 

"Bantuan yang disalurkan pemerintah ini digunakan untuk membantu keperluan masyarakat menyangkut kebutuhan akan beras sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan terjadinya gejolak harga maupun dalam menghadapi bencana Covid-19 yang dalam konteksnya dapat dikategorikan sebagai bencana non alam. Karenanya bantuan ini dipandang perlu dalam konteks intervensi dan sensifititas pemerintah melalui pembagian beras ini untuk menjamin kebutuhan hidup sehari-hari," kata Agusyanto.

Dikatakan Agusyanto, beras yang akan disalurkan tersebut mencapai 470 karung dengan berat perkarung nya yakni 10 kilogram.

Sementara itu ketua Karang Taruna Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi mengatakan bahwa pihaknya terus bergerak untuk melakukan penyempurnaan organisasi sampai ke tingkat desa dan RT/RW.

"Karang Taruna hari ini terus bergerak untuk melakukan penyempurnaan organisasi mulai dari Kecamatan desa dan kelurahan sampai ke tingkat RT dan RW, tentu memang masih belum maksimal mengingat memang jarak dan komunikasi serta pemahaman sumber daya manusia pemuda-pemuda di desa dan kelurahan itu masih belum cukup bagaimana Karang Taruna itu harus segera dibentuk di level yang paling kecil. Namun demikian kami dari  terus saja melaksanakan kegiatan karena memang kami secara orientasi bukanlah organisasi kepemudaan dan kami juga bukan organisasi masyarakat, namun Karang Taruna adalah organisasi sosial yang membantu Dinas Sosial dalam rangka wujudkan pilar-pilar sosial," ujarnya.

Dikatakan lagi, kegiatan tersebut dilakukan sempena hari ulang tahun Karang Taruna ke 60.

"Perlu kami sampaikan bahwa pada tanggal 26 September lalu tepatnya hari  Sabtu merupakan hari puncak Karang Taruna nasional.Namun demikian mengingat bahwa ada kegiatan sosial yang juga kami berpartisipasi untuk mendukung program pemerintah maka sesuai arahan Bupati kegiatan hari puncak sekaligus penyaluran beras untuk masyarakat yang terdampak atau yang memenuhi syarat untuk menerima beras diarahkan pada hari Senin. Tugas kami adalah bagaimana meringankan beban kerja pemerintah terutama berada dibawah Dinas Sosial tentu harapan kami tentu semua untuk dilibatkan sebagai pilar-pilar sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Rayan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Meranti Irmansyah, Kasat Binmas Polres Meranti AKP. Jufri, Kadis Perpustakaan Meranti Husni Gamal, Perwakilan Posal Meranti, Perwakilan Kemenag Meranti, Kadis Perikanan Meranti Eldi, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi, serta para Pengurus Karang Taruna Kecamatan. *



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan