Opini

Mengenal Coral Triangle Tempat Kehidupan Makhluk Laut

Feny Herawati

Penulis : Feny Herawati
Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji
Jurusan : Ilmu Kelautan

 
CORAL Triangle atau disebut juga dengan segitiga terumbu karang ialah terumbu karang yang menghubungkan atau menyambungkan perairan Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Pulau Solomon dan Timor Leste.

Coral Triangle adalah sebuah kawasan yang berada di perairan di Indo-Pasifik yang memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati yang ada di laut. Kenapa dinamakan segitiga terumbu karang? karena jika dilihat di peta, garis batasan pada kawasan ini terlihat membentuk pola segitiga.

Coral Triangle ini termasuk salah satu prioritas utama konservasi kehidupan maritim yang diluncurkan pada tahun 2007. Coral Triangle bahkan dijadikan Hotspot Biodiversity. Kenapa? Karena keanekaragaman dari coralnya ini ada sekitar 76% spesies yang ada di seluruh dunia ada di kawasan Coral Triangle.

Dari yang penulis baca, ada sebanyak 605 dari 798 jenis terumbu karang di dunia berada di kawasan Coral Triangle ini. Dan 15 jenis terumbu karang tersebut diantaranya, khusus berada di wilayah segitiga tersebut. Eitss, bukan segitiga bermuda yaa.

Selain itu, dari yang penulis baca Coral Triangle ini juga disebut dengan surganya tempat biota. Kenapa? Karena Coral Triangle ini bukan hanya tempat terumbu karang, tetapi juga merupakan rumah bagi biota laut seperti ada 6 dari 7 jenis penyu yang ada di dunia dan juga dapat kita temukan hewan dugong, paus biru, paus sperma, lumba-lumba, dan ada 2000 spesies ikan karang yang dapat kita jumpai disini begitupun hewan invertebrata lainnya.

Coral Triangle ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi biota laut, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat yang tinggal di sekitarannya. Ada lebih kurang 120 juta orang yang sangat bergantung dengan keberadaan terumbu karang. Kenapa? Karena terumbu karang ini mampu menahan ataupun menghalau gelombang akibat badai, bahkan juga tsunami.

Bukan hanya itu, terumbu karang ini biasanya dijadikan tempat tinggal biota yang ada dilaut dan juga industri wisata juga terbantu dengan adanya keindahan alam dibawah laut ini.

Untuk itu, sebagian besar wilayah Coral Triangle ini berada di Indonesia. Maka kita sebagai masyarakat indonesia sudah menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk menjaga keutuhannya. Dan setiap tanggal 9 juni kita selalu memperingati Coral Triangle Day.

Mungkin banyak yang belum tahu yaaa, ya begitupun penulis juga baru tahu. Kita sebagai masyarakat indonesia khususnya turut menjaga dan melestarikan warisan alam tersebut. Bila keanekaragaman hayati tersebut dapat terjaga, tentu kita dan seluruh masyarakat indonesia bisa terus menikmati dampak postifnya. *



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan