Lingkungan

Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Rohil Diimbau Waspada Banjir

Banjir di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir akibat curah hujan tinggi.

ROHIL - Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Indonesia khususnya Kabupaten Rokan Hilir, Riau berpotensi terjadinya banjir di pemukiman masyarakat di sejumlah daerah, terutama pemukiman masyarakat di daerah bantaran sungai dan daerah yang topografinya tergolong rendah.

Potensi banjir yang terjadi di kawasan pesisir Kabupaten Rokan Hilir ini, selain disebabkan tingginya intensitas curah hujan juga dikarenakan Rokan Hilir sebagai muara dari Sungai Rokan yg membentang mulai dari Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu bermuara ke Rokan Hilir.

Sebagaimana Peringatan Dini Cuaca Provinsi Riau per tanggal 24 November 2020 pukul 22.00 WIB, bahwa sebagian wilayah di Provinsi Riau berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yaitu Kota Dumai (Kec. Sungai Sembilan, Dumai Selatan), Kab. Rokan Hilir (Kec. Sinaboi, Bangko, Pekaitan, Kubu), Kab. Bengkalis (Kec. Pinggir, Bukit Batu, Siak Kecil), Kab. Kampar (Kec. Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu).

Dan Kab. Kuantan Singingi (Kec. Singingi, Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Kuantan Hilir Seberang, Pucuk Rantau, Cerenti), Kab. Indragiri Hulu (Kec. Batang Peranap, Peranap, Batang Cenaku), Kab. Indragiri Hilir (Kec. Kemuning, Keritang), Kab. Pelalawan (Kec. Kuala Kampar), Kab. Kepulauan Meranti (Kec. Rangsang).

Sehubungan dengan fenomena alam terkait iklim dan cuaca tersebut, Pjs Bupati Rokan Hilir Rudyanto, SH menghimbau kepada seluruh masyarakat Rokan Hilir untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman bahaya seperti banjir,  banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir dan lain-lain.

Selain itu, ia juga mengintensifkan kepada para Camat, Lurah dan Datuk Penghulu untuk terus memantau situasi dan kondisi di wilayahnya, dan segera melaporkan guna dilakukan upaya penanggulangan serta meminimalisir kerugian yang diderita masyarakat. (rls/rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan