News

Penasaran Dengan Olahan Daun Kelor, Ketua Karang Taruna Bengkalis Kunjungi Karang Taruna Wonosari

Bengkalis  - Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis Hermansyah didampingi Ketua Karang Taruna Kecamatan Rinto, melakukan kunjungan ke Karang Taruna Tunas Baru Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis, untuk membahas tentang budidaya dan manfaat daun "Kelor". Selasa (15/06/2021).

Sekira pukul 15.00 WIB rombongan Karangan Taruna Kabupaten Bengkalis tiba di sekretariat Karang Taruna Tunas Baru Desa Wonosari Jalan baru gang Sai'an, langsung disambut oleh Ketua Karang Taruna Desa Wonosari Juli Triono, Sekretaris Hendratno, Bendahara Auliya Zahrul Atiq juga pengurus Karang Taruna Tunas Baru (KTTB) Desa Wonosari.

Hermansyah Ketua Karang Taruna Kabupaten, Menghimbau kepada semua pengurus karang taruna Tunas Baru Desa Wonosari agar tetap mematuhi protokol kesehatan, Sebagaimana yang telah dihimbau oleh pemerintah kabupaten Bengkalis seperti tetap mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Kunjungan tersebut sharing tentang budidaya dan manfaat daun Kelor yang katanya sudah di sulap menjadi teh, yang sedang dikembangkan pemuda/i Karang Taruna Tunas Baru. Rasa penasaran ini diungkapkan oleh Hermansyah ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis.

Auliya Zahrul Atiq selaku Ketua kelompok usaha teh celup daun kelor binaan Karang Taruna Tunas Baru memaparkan manfaat dari olahan daun kelor. "Daun yang kaya nutrisi, kandungan vitamin A, vit B1 Vit B2 Vit B3, vit C, kalsium, kalium, protein, asam amino, zat besi, potasium dan masih banyak lagi. kelor Tanaman yang kandungan nutrisinya banyak dibandingkan tanaman lainnya. Di luar negeri kelor disebut pohon ajaib "the miracle tree"

Bagus untuk anak-anak karena mampu mengatasi anak kekurangan gizi. Termasuk untuk kecerdasan otak anak, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas asi ibu menyusui.

Baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh utamanya di masa pandemi sekarang ini. Tanaman yang berkhasiat obat, dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Atiq juga menceritakan sedikit awal mulanya mengenal tananman kelor tersebut sejak kuliah di Jawa, ia bertemu dengan keloris Indonesia bapak Ir. A Dudi Krisnadi yang sudah memasarkan produk olahan dari daun kelor ke Afrika dan Eropa.

Usai pembahasan tentang Budi daya dan manfaat daun Kelor, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis serta pengurus Karang Taruna yang hadir bersama-sama mencicipi berbagai jenis olahan teh dan kueh yang terbuat dari olahan daun kelor, yang dikelola oleh Auliya Zahrul Atiq selaku bendahara Karang Taruna Tunas Baru dan beberapa pengurus lainnya.

Sebelum bergegas melakukan kunjungan ke desa lain, Ketua Karang Taruna Tunas Baru Juli Triono yang kerap disapa Yoyon, mengucapkan "Terimakasih kepada Bang Herman Syah ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis dan Bang Rinto ketua Karang Taruna Kecamatan Bengkalis atas kunjungannya ke sekretariat kami Karang Taruna Tunas Baru (KTTB) Desa Wonosari," ucap Yoyon.

Senada diucapkan Bendahara (KTTB) Auliya Zahrul Atiq, yang kerap di sapa Atiq ini mengungkapkan rasa senangnya bisa sharing bersama tentang potensi di Desa Wonosari, produk-produk dari masyarakat Wonosari, dan cerita tentang manfaat dan budidaya kelor di lahan gambut Wonosari. Serta sedikit berbagi rasa makanan minuman olahan dari daun kelor. 
Semoga kedepannya pemuda pemudi dapat terus berkarya menyuguhkan karsa untuk kebermanfaatan.(anang)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan