News

Cegah Covid-19, Lapas Selatpanjang Terapkan Prokes Ketat

Lapas Selatpanjang

MERANTI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat terhadap seluruh warga binaan.

Tidak hanya itu, untuk menjaga dan mengantisipasi penyebaran Covid-19, hampir seluruh warga binaan telah mendapatkan vaksinasi yang bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, dan UPT Puskesmas Selatpanjang.

"Penerapan protokol kesehatan ini wajib kami jalankan sesuai anjuran dan ketentuan pemerintah dimasa pandemi ini. Ada sebanyak 304 warga binaan. Hampir semuanya sudah dilakukan vaksinasi. Hanya beberapa orang saja yang belum, karena terkendala NIK" ungkap Kepala Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar didampingi Bidang Pembinaan Haidi Zamri, Sabtu (4/12/2021).

Khairul membeberkan, sejak 2 tahun belakangan ini, persis dimasa pandemi Corona, pihaknya (Lapas) juga tidak memberlakukan jam kunjungan terhadap warga binaan. Tentunya ini sebagai langkah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran, khususnya dikalangan warga binaan.

"Sudah sekitar dua tahun tidak ada jam besuk bagi keluarga warga binaan. Ini sesuai dengan anjuran kementerian. Jadi, supaya mereka bisa saling berkomunikasi dengan keluarganya masing-masing, maka kita siapkan fasilitas video call," bebernya.

Disamping itu, guna menjaga agar warga binaannya tetap sehat, beragam olahraga menjadi kegiatan rutinitas harian di dalam Lapas.

"Ada fasilitas olahraga agar warga binaan tetap sehat dan bugar. Sebab yang namanya kesehatan diri perlu dijaga, terlebih di masa pandemi ini.

Salah seorang warga binaan, Amar (23), mengaku bahwa selama di Lapas dirinya dibina dengan baik. Bahkan, ia juga sudah melakukan vaksin tahap II.

"Masa Corona ini kita tetap patuh terhadap anjuran dan ketentuan pemerintah. Sebab ini untuk kebaikan bersama. Saya juga sudah di vaksin bang. Mudah-mudahan ini bisa menjaga kesehatan diri," ucapnya. (nur)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan