News

3 Tahun Diperjuangkan, Rohil Akhirnya Miliki Alat Pengukur Kualitas Udara

Bangunan alat pengukur udara yang terletak di halaman Kantor DLH Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Tahun ini, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mendapat alokasi pembangunan peralatan pengukur kualitas udara secara sistematis atau AQMS dengan anggaran Rp 1,3 Miliar. 

Kegiatan itu bersumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Alat pengukur udara tersebut diletakkan di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil sesuai persetujuan bupati. 

“Dengan berfungsinya alat ini nanti, kita bisa mengetahui tingkat status udara yang ada di Bagansiapiapi, apakah udaranya bagus, sedang ataupun jelek,” ucap Kepala DLH Rohil, Suwandi S.Sos, Kamis (12/5/2022).

Suwandi menuturkan, sebenarnya untuk mendapatkan alat pengukur kualitas udara tersebut sudah diperjuangkan sejak tiga tahun yang lalu. 

Di tahun 2020, jelasnya, Rohil sudah dialokasikan untuk kegiatan itu, namun terkendala pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pemangkasan anggaran di Kementerian. 

Untuk tahun 2022 ini, pembangunan alat pengukur udara dianggarkan untuk 15 kabupaten/kota se-Indonesia. Di Riau ada dua lokasi yaitu di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir. 

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur. Setelah alat ini bisa berfungsi, kita akan buat pengadaan display layar lebar di tahun 2023 supaya masyarakat akan mengetahui kondisi udara yang ada di Bagansiapiapi secara visual,” ungkap Kepala DLH.

Dikatakannya, untuk bangunan fisik sudah mencapai 30 persen. Pekerjaan tersebut masih menunggu peralatan lain dari Jakarta. 

“Pembangunan pondasi dan pagar sekeliling sudah dilakukan tinggal menunggu material lainnya. Perkiraan dari rekanan, pada Bulan Juni atau Juli semua peralatan sudah terpasang,” ujar Suwandi. 

Sementara, DLH Rohil hanya diminta untuk menyiapkan lahan dan tenaga operator satu orang dengan semua biaya ditanggung oleh Kementerian LHK.  

Pada 2022 akhir nanti, kondisi udara yang ada di Bagansiapiapi dan sekitarnya sudah bisa diketahui. DLH pada tahun 2023 akan mengusulkan pengadaan display dengan ukuran 3x4 meter, dan diletakkan di Kantor Bupati atau pinggir kota dengan terkoneksi melalui wifi sehingga semua dapat terpantau. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan