Pemerintah Daerah

Wabup Rohil Buka Manasik Haji, 129 JCH Berangkat Tahun Ini

Bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Rokan Hilir resmi dibuka oleh Wabup Rohil H Sulaiman.

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS, MH secara langsung membuka bimbingan manasik haji tingkat kabupaten yang dipusatkan di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Selasa (24/05/2022).

Dalam bimbingan manasik haji yang bertemakan “Wujudkan Haji yang Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Mabrur” itu, Kemenag Rohil mendatangkan narasumber dari UIN Suska Riau dan dari kemenag sendiri. 

Hasbullah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan manasik haji tingkat kabupaten adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang bersumber dari APBD.

Ia menjelaskan, manasik tersebut diikuti 
sebanyak 154 orang yang terdiri dari jamaah yang pasti berangkat sebanyak 129 orang, serta cadangan 25 orang.

Keberangkatan para Jamaah Calon Haji (JCH) ini merupakan yang pertama kalinya digelar, setelah dua tahun ibadah haji tidak diperbolehkan akibat adanya wabah Covid-19.

Saat ini, kondisi memasuki fase endemi Covid-19. JCH yang akan berangkat ke tanah suci terlebih dahulu diberi bimbingan manasik haji yang difasilitasi oleh Pemda Rohil melalui Bagian Kesra.

Tak lupa, Wabup Sulaiman mengajak para jamaah untuk mengucap syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas berkah menunaikan ibadah haji tahun ini. 

“Kita harus syukuri ini, dan dapat kita ikuti pelaksanaan manasik haji dengan sebaik-baiknya agar nanti bisa menjadi haji yang mabrur,” tutur wabup. 

Di dalam bimbingan manasik ini, sebutnya, diajarkan tentang tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat Islam. Bimbingan manasik ini juga merupakan tuntutan dalam melaksanakan ibadah haji nanti.  

“Tak kalah pentingnya, kita juga harus menjaga kesehatan dengan baik, karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan banyak tenaga,” ungkap Sulaiman. 

Kakan Kemenag Rohil H Naini mengatakan, pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten itu ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah. 

Untuk pelaksanaan manasik haji dari Kemenag Rohil direncanakan pada 28-29 Mei mendatang di dua kecamatan, yakni Bagan Batu dan Tanah Putih.

“Jadi jamaah haji tahun ini akan mengikuti manasik sebanyak tiga kali. Untuk yang ke tiga akan dilaksanakan antara 2 atau 3 Juni mendatang tingkat kabupaten,” jelas Naini. 

Sementara, 25 jamaah cadangan yang sengaja diikutsertakan dalam kegiatan manasik, dikatakannya, hal itu sebagai antisipasi jika kemungkinan ada jamaah yang batal berangkat karena berbagai hal seperti sakit atau lainnya. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan