Parlemen

DPRD Sambut Baik Meranti Sebagai Daerah Jaringan Tol Laut

PEKANBARU - Pemerintah Pusat menyetujui ajuan Pemerintah Provinsi Riau terkait jaringan tol laut di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

"Kita sudah mengajukan daerah yang berada di pulau terluar untuk masuk jaringan tol laut, dan Kabupaten Kepulauan Meranti salah satu daerah yang disetujui atau sudah ditetapkan Pemerintah Pusat masuk jaringan tol laut," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

Karena itu, Gubri meminta dukungan semua pihak agar tol laut di kabupatan terbungsu di Bumi Lancang Kuning tersebut dapat terwujud.

"Jadi mohon dukungan semua pihak karena ini semua menjadi kemudahan untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Syamsuar juga menyebutkan, untuk jaringan tol laut itu pemerintah daerah harus memfasilitasinya dan sangat diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Jadi jangan ada yang menolak nantinya. Kalau ada yang menolak, saya secara pribadi, bila perlu membawa permadani untuk menemui pihak yang menolak itu," gurau Syamsuar dan disambut tepuk tangan yang bergemuruh dari pengurus Permaskab Meranti Riau.

Ditetapkannya Meranti masuk dalam jaringan tol laut, jelas Syamsuar, ini akan memudahkan komoditi yang masuk dan keluar ke Meranti khususnya, dan pada umumnya ke Riau.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto menjelaskan, bahwa yang dimaksud dengan jaringan tol laut ini adalah pelayanan perdagangan keluar dan ke dalam negeri menggunakan kapal bermuatan kontainer. "Bukan membangun jalan tol di laut," kata Andi, Senin (30/5/2022).

Adapun rute jaringan tol laut ini, mulai dari Aceh, Tanjungperiuk, Selatpanjang, dan Bengkalis.

"Titiknya di Meranti di Pelabuhan Pelindo Selatpanjang. Tim ahli Pelindo sedang melakukan persiapan terkait jaringan tol laut ini," ungkap Andi.

Persiapan daerah yang masuk jaringan tol laut ini harus matang, karena kapal yang menjadi pelayanan jaringan tol laut membawa komoditi dalam peti kemas. Artinya, banyak persiapan yang perlu dilakukan di Meranti dalam memfasilitasi jaringan tol laut ini.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti Ardhiansyah menyambut baik apa disebutkan gubernur Riau terkait Meranti ditetapkan sebagai daerah jaringan tol laut yang diusulkan Pemerintah Provinsi Riau.

"Tentunya kita menyambut baik hal ini karena akan berdampak pada perekonomian masyarakat, kita siap untuk memfasilitasi percepatan terwujudnya Meranti sebagai jaringan tol," ucap Ardhiansyah. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan