Nasional

Forum KTT G20 Pulihkan Perekonomian dan Industri Pariwisata Pasca Covid-19

Ir. H Yusrizal MM

PASCA Pandemi Covid 19 dengan adanya Forum KTT G20 di Bali akan memulihkan kepercayaan masyarakat dunia untuk berkunjung ke Indonesia dan ini tentunya menghidupkan lagi perekonomian dalam bidang industri pariwisata.

Pelaku industri pariwisata di Indonesia harus dapat memanfaatkan peluang ini yang oleh pemerintah telah melakukan dengan segala upaya. Sektor industri pariwisata akan menumbuhkan industri kreatif dari UMKM dan imbas dari ini akan menggerakan perekonomian masyarakat dari kunjungan wisatawan mancanegara. 

Indonesia yang alamnya sangat indah dan masih alami serta dengan kulinernya juga merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Rakyat indonesia yang sudah terkenal ramah dan santun harus selalu menjaga agar wisatawan mancanegara merasa nyaman untuk berkunjung ke Indonesia.

Peran dari tokoh masyarakat masih sangat diperlukan agar wisatawan mancanegara mendapatkan kenyamanan selama KTT G20 berlangsung, modal utamanya adalah keramahtamahan yang dimiliki budaya warga Indonesia itu sendiri.

Dari sisi budaya yang bersih yang dimiliki setiap masyarakat daerah wisata juga harus digalakan karena kebersihan lingkungan akan menambah kenyamanan dari wisman.

Dengan adanya momentum Forum KTT G20 semua lapisan masyarakat harus dapat membuat citra yang positif terhadap keberadaan kondisi indonesia.

Walau tahun ini sudah tahun politik tetapi semua elemen bangsa harus membuat kondisi Indonesia yang kondusif agar wisman yang berkunjung ke Indonesia merasa tidak terganggu dengan proses pergantian kepemimpinan di Indonesia.

Proses demokrasi di Indonesia tetap berjalan sesuai hukum dan aturan yang ada tetapi tidak ada efek negatif terhadap kegiatan pariwisata dan bila perlu dangan proses demokrasi di Indonesia akan menambah daya tarik wisman ke Indonesia dan peran dari tokoh politik dalam hal harus mampu juga membuat daya tarik wisman ke Indonesia dan bukan malah wisman tersebut tidak tertarik ke Indonesia disebabkan statemen yang negatif terhadap keadaan Indonesia.

 

Dosen STT Dumai, Ir. H Yusrizal MM



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan