Pemkab Bengkalis

Lintas Suku Mainkan Seni Kuda Kepang di Pantai Indah Selatbaru

Bengkalis - Demi cinta terhadap seni budaya generasi muda dari lintas tiga suku yaitu Jawa, Melayu dan Minang bersepakat membentuk group seni budaya Kuda Kepang Turonggo Tri Budoyo sebagai wadah bersatu bergandeng tangan andil membangun bangsa.

Gayung bersambut keinginan tersebut di dukung oleh Wakil Bupati Bagus Santoso yang dikenal sangat dekat dan peduli dengan para pelaku seni tradisional.

“Dengan rasa gembira saya mendukung berdirinya Group Turonggo Budoyo. Ada sisi unik para pelaku seni yang tergabung dari lintas suku dan agama. Ada makna bahwa seni budaya tak mengenal  sekat suku bahkan agama” katanya

Hal tersebut disampaikan Bagus Santoso penasehat Group Turonggo Tri Budoyo saat memberikan sambutan pentas seni tradisional kuda kepang penampilan perdana di lapangan Futsal Dusun Pantai Indah Selat Batu Rabu malam, 15 Maret 2023.

Lebih lanjut disampaikan Bagus Santoso bahwa melestarikan seni budaya tradisional bangsa terbukti menjadi sarana ampuh mempersatukan serta saling menghargai antara satu dengan lainnya.

Wakil Bupati berpesan jangan menyimpan kekayaan budaya diri sendiri hanya untuk kita sendiri. Hendaknya mengajarkan budaya kita kepada orang lain.

Dengan Cara demikian, menurut Wabup berdampak positif bagi budaya lokal milik kita sendiri. Semakin banyak orang yang mengajarkan atau memberitahu, banyak orang lain yang mengetahui mengenai budaya daerah sendiri atau daerah lain. 
Dan semaki  banyak pengetahuan budaya yang dimiliki, maka semakin besar rasa kita untuk saling menghormati kebudayaan orang lain.

Selanjutnya Wabup menekankan menjadi Kewajiban bagi setiap lapisan masyarakat untuk mempertahankannya, terutama generasi muda sangat diharapkan untuk terus berusaha mewarisi budaya lokal dan akan menjadi kekuatan bagi eksistensi budaya lokal itu sendiri, walaupun diterpa arus kemajuan zaman atau globalisasi.

Peresmian berdirinya Turonggo Tri Budoyo ditandai dengan pemukulan Gong oleh Muhammad Dafiq Zaidan sebagai simbol generasi muda penerus peduli seni budaya yang tidak lain putera penasehat Bagus Santoso.

Acara pentas kuda kepang mendapat sambutan luar biasa masyarakat tumpah ruah menyaksikan atraksi seni anak anak muda dengan tampilan yang memukau penonton.

Nampak Hadir pada acara tersebut Sekcam, Kades Selatbaru Nendang Rahayu bersama perangkatnya, Pengurus Group Sri Setyawati, Mazlan serta diramaikan group kuda kepang dari sejumlah desa dua Kecamatan Bantan dan Bengkalis.(Inf)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan