News

Kapolres Minta Petugas Tindak Pelanggar Lantas dengan Humanis dan Tegas

PELALAWAN - Kepolisian Resort (Polres) Pelalawan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Muara Takus 2018 dihalaman Mapolres Pelalawan, Selasa (30/10).

Apel yang digelar dalam rangka meningkatkan ketaatan dan kepatuhan pengendara terhadap peraturan lalu lintas tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK yang dihadiri seluruh para Kabag, Kasat fungsi, Kapolsek dan jajaran serta unsur TNI serta Dishubkominfo Pelalawan yang ikut dalam upacara gabungan tersebut.

Dalam amanat Kepala Korp Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs Refdi Andri MSi yang disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK mengatakan, bahwa operasi Kepolisian terpusat dengan sandi ‘Zebra Muara Takus-2018’ dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalulintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalulintas.

"Sedangkan pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra ini, dilaksanakan secara serentak diwilayah RI selama 12 hari terhitung mulai tanggal 30 Oktober hingga 12 November mendatang. Dimana dalam pelaksanaan operasi tersebut, digelar guna menciptakan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya tertib lalu lintas. Selain itu juga untuk menekan angka kecelakaan serta dalam rangka penegakan hukum dalam berlalu lintas. Pasalnya, saat ini kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas di kabupaten Pelalawan masih tergolong rendah, sehingga operasi Zebra ini digelar," ujar Kapolres seraya menyebutkan pengendara yang melawan arus saat berkendaraan atau ferboden juga menjadi target utama operasi Zebra.

Sambungnya, kegiatan operasi Zebra ini juga guna membangun kesadaran dan kepatuhun hukum masyarakat dalam berlalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalulintas.

"Yang kami bidik adalah pelanggar lalu lintas antara lain, pengendara yang tidak mengenakan helm, tidak memakai sabuk pengaman, dan pengendara di bawah umur. Selain itu, Operasi Zebra menyasar pengendara yang dalam keadaan mabuk, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, dan melebihi kecepatan," sebut Kapolres sambil berpesan agar pengguna lalu lintas dapat menaati peraturan yang ada.

Lanjutnya, pihaknya mengajak masyarakat agar mengecek kembali kendaraan serta kelengkapan berkendara dan untuk mematuhi rambu rambu lalulintas yang ada, agar menekan angka kecelakaan. Karena keberhasilan yang utama dalam operasi ini adalah warga Pelalawan mendukung operasi ini, bekerja sama mendukung mensukseskan Kabupaten Pelalawan yang patuh terhadap peraturan lalulintas.

"Dan saya juga meminta agar para personil yang melaksanakan tugas dilapangan, dapat melaksanakan tugas dengan humanis namun tegas, sehingga pelanggar bisa menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi lagi. Untuk itu, kita berharap operasi zebra ini nantinya dapat meningkatkan kesiplinan masyarakat dalam berlalu lintas bagi pengguna jalan, sehingga dapat menekan tingkat kecelakaan di jalan raya," pungkansnya.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan