News

Disdukcapil Meranti Rekam Data e-KTP Warga Binaan

SELATPANJANG - Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mendatangi Rutan Selatpanjang, dalam rangka jemput bola perekaman data KTP elektronik (e-KTP) terhadap warga binaan. Kamis (29/11/2018).

Terdapat 107 warga binaan yang rata-rata merupakan warga Kepulauan Meranti, melakukan perekaman e-KTP di dalam rutan tersebut.

"Kita sengaja melakukan jemput bola untuk memudahkan warga binaan memiliki e-KTP, karena kondisi warga binaan yang tidak bisa datang langsung ke Disdukcapil," kata Kabid Layanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kepulauan Meranti, Budi Hartoyo SE MSi.

Perekaman e-KTP yang dilakukan di Rutan Selatpanjang ini, lanjut Budi, juga atas permohonan dari pihak Rutan.

"Kami terus melakukan perekaman terutama bagi yang belum melakukan perekaman, seperti halnya hari ini kita lakukan di Rutan Selatpanjang," ujarnya.

Sebelumnya, sebut Budi, upaya memaksimalkan pelayanan pembuatan e-KTP di Kepulauan Meranti juga dilakukan Disdukcapil dengan mendatangi desa-desa. Bekerjasama dengan aparat desa, lalu menginformasikan kepada warga bagi siapa saja yang belum melakukan perekaman data e-KTP bisa langsung datang dengan membawa Kartu Keluarga (KK).

"Di Kepulauan Meranti, palingan tinggal sekitar enam persen warga yang belum merekam e-KTP. Itu pun belum jelas keberadaan mereka, apakah ada di Meranti atau di luar daerah," jelas dia.

Kegiatan perekaman e-KTP yang dilaksanakan Disdukcapil Kepulauan Meranti tersebut disambut baik pihak Rutan Selatpanjang. Kepala Cabang Rutan Selatpanjang, Rio Chaidir mengatakan, kegiatan ini sangat membantu terutama bagi para warga binaan.

Menurutnya, perekaman e-KTP yang dilakukan ini juga untuk mengantisipasi warga binaan tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang, dikarenakan tidak memilik e-KTP.

"Sangat membantu sekali, karena masih banyak warga binaan yang belum memiliki e-KTP," ujarnya.

Rio menyebutkan, tingkat partisipasi warga binaan di Rutan Selatpanjang untuk merekam e-KTP sangat tinggi. "Dari jumlah 185 warga binaan, tercatat 78 orang sudah merekam, sisa 107 orang inilah yang dilakukan pengecekan lalu direkam," ujarnya.(rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan