News

Imunisasi MR di Pekanbaru Gagal Capai Target

PEKANBARU - Meski telah diperpanjang hingga akhir Desember, capaian pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) di Kota Pekanbaru dipastikan tidak akan tercapai. 

Bahkan, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru memprediksi capaian MR hingga 31 Desember hanya akan mencapai 30 persen dari target 90 persen.

Padahal, kata Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, pihaknya telah melakukan perpanjangan waktu satu bulan sejak berakhirnya waktu pemberian vaksin pada November lalu. Pihaknya sudah bekerjasama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama dan pihak terkait lainnya untuk sama-sama menyampaikan kepada masyarakat pentingnya vaksin ini.

“Termasuk juga membuka posko disetiap Puskesmas, diarena Car Free Day bahkan di mal-mal saat hari libur. Tapi kenaikkannya tidak signifikan, jadi sampai akhir tahun paling-paling hanya akan tercapai sekitar 30 persen saja dari target yang telah ditetapkan,” katanya, Jumat (28/12/2018).

Dikatakan Indra Pomi, jika waktu perpanjangan imunisasi hingga 31 Desember mendatang telah habis, pihaknya belum mendapatkan petunjuk apakah kegiatan ini akan diperpanjang lagi atau tidak. Jika tidak, dan masyarakat baru sadar bahwa pemberian vaksin MR ini penting bagi anak, pada orang tua bisa mendatangi Puskesmas terdekat.

“Tapi otomatis pemberian vaksin MR itu tidak gratis lagi, seperti dalam masa kampanye vaksin MR saat ini. Untuk itu, dengan waktu yang masih tersedia saat ini, kami harapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengajak anaknya kesarana kesehatan yang ada untuk diberikan vaksin MR,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Kampar ini menambahkan, pihaknya masih akan membuka posko pelayanan pemberian vaksin MR di mal-mal yang ada di Pekanbaru pada Sabtu dan Ahad mendatang. Dimana pada Sabtu (29/12) dan Ahad (30/12) akan dibuka pokso di Transmart, Giant Nangka, Mal Ciputra, Mal Pekanbaru, Mal SKA dan juga area Car Free Day.

“Untuk itu, kami imbau kepada orang tua yang tidak sempat mengantarkan anaknya untuk diberi vaksin pada hari kerja, silahkan datang ke mal atau ke arena CFD agar anaknya bisa diberikan vaksin. Vaksin ini penting diberikan untuk menambah kekebalan daya tahan tubuh anak,” pungkasnya.(MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan