Riau

BBKSDA Dalami Penyebab Kematian Gajah di Bengkalis

PEKANBARU -  Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mulai mendalami penyebab kematian seekor gajah di kawasan Suaka Marga Satwa (SM) Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui penyebab kematian yang masih belum dapat dipastikan tersebut.

Untuk mengetahui, (BBKSDA) Riau melakukan neukropsi sebagai salah satu langkah mendalami kematian satwa langka tersebut. Untuk gambaran sementara, satwa dilindungi tersebut mati diduga karena sakit.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono membenarkan informasi tersebut. Bahkan sebagai tindaklanjut, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan kroscek di lapangan. Sehingga dapat diketahui kondisi riil di lapangan.

“Kita sudah turunkan tim ke lapangan. M diduga mati karena sakit, karena hasil pemeriksaan luar tidak ditemukan adanya luka di bagian badan,” paparnya, Selasa (8/10).

Dengan kondisi itu untuk memastikannya, Suharyono mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan neukropsi terhadap jasad Gajah dengan ciri fisik lainnya tidak memiliki gading dan cacat kaki kiri depan dengan tidak adanya telapak kaki bekas terkena jerat tahun 2014 tersebut. Ironisnya, satwa langka tersebut mati dengan posisi tengah terbaring di atas kubangan air di tengah semak belukar.

Diharapkan kematian satwa langka tersebut tidak terulang lagi. Mengingat kuantitas satwa langka di Riau dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan dan terancam mendekati kepunahan. (MCR)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan