News

Lima Hari Operasi Zebra, Satlantas Polres Rohil Amankan 582 Kendaraan

ROHIL - Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Rokan Hilir (Rohil) sudah mengamankan 582 kendaraan selama lima hari operasi zebra, dan semuanya sudah dilakukan penilangan. 

Operasi zebra ini berlangsung dari tanggal 23 Oktober - 5 November 2019, dan rata-rata kendaraan roda dua mendominasi pelanggaran, yaitu pelanggaran tidak menggunakan helm, tidak mempunyai SIM dan tidak memiliki kelengkapan seperti spion. 

“Kendaraan roda empat, dan roda enam juga dilakukan penindakan, juga kita atensi terhadap kendaraan yang over dimensi dan overloading, terutama penambahan sasis pada kendaraan truk seperti yang tertera di dalam undang-undang tahun 2009 pasal 277 mengenai modifikasi kendaraan dengan denda 24 juta,” ungkap Kasat Lantas AKP David Ricardo SIK kepada media ini, Senin (28/10/2019). 

Kemudian untuk saat ini lanjutnya, ada tiga titik yang dilakukan operasi zebra diantaranya di Jalan lintas Bagansiapiapi, di Jalan Jendral Sudirman Bagan Batu, dan di Jalan Riau Ujung Tanjung.

“Ini bertujuan agar di sekitar lokasi tersebut bisa tertib karena di tiga titik lokasi tersebut rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran,” ujar David.

Tambahnya, titik lokasi tersebut juga akan kita lakukan perubahan apabila di tiga lokasi yang dilakukan operasi zebra saat ini sudah mulai tertib, maka akan dipindah ke lokasi yang masih banyak pelanggaran. 

“Terutama di Bagansiapiapi cukup banyak yang tidak memakai helm, harapannya dengan adanya operasi zebra ini untuk sadar dengan keselamatan apalagi angka kecelakaan di Bagansiapiapi cukup lumayan sehingga resikonya tinggi untuk yang tidak memakai helm,” jelasnya.

Kemudian kesadaran masyarakat juga cukup rendah untuk memakai helm, makanya akan terus kita paksakan dengan cara ditilang agar bisa tertib juga tentunya dengan cara yang humanis, tidak dengan cara arogan. 

“Silahkan kalau ada yang menemukan anggota yang bersikap arogan, segera laporkan kepada kami, biar kami yang melakukan penindakan kepada anggota tersebut,” tegas Kasat Lantas. 

Sampai saat ini, sambungnya, Alhamdulillah semuanya berjalan baik, kita sudah tatar anggotanya, sudah kita latih, sudah kita lakukan penindakan dengan cara baik yang humanis kepada masyarakat. (Rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan