News

Upika Merbau Intens Patroli Social Distancing

MERANTI - Guna memutus mata rantai penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19). Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Merbau, Kepulauan Meranti, Riau, intens melakukan patroli imbauan kepada masyarakat terkait social distancing.

Camat Merbau, Abdul Hamid S.Thi, MM, mengatakan, patroli dimaksud menyampaikan maklumat Kapolri serta imbauan pemerintah, guna mencegah penyebaran covid-19. Khususnya di Kecamatan Merbau.

Para petugas gabungan ini mendatangi sejumlah tempat berkumpulnya warga. Kemudian, memberikan penjelasan kepada mereka agar mengurangi aktivitas keluar rumah, dan bila terpaksa untuk suatu keperluan agar tetap menggunakan masker dan menjaga jarak antara satu dan lainnya.

"Untuk tempat usaha seperti cafe atau rumah makan, kita imbau agar tidak melayani kalau sudah jam 11 malam. Kalau pun ada, sistem bungkus bawa pulang. Namun, bagi anak-anak sekolah yang kedapatan nongkrong di simpang-simpang, langsung kita bubarkan," kata Abdul Hamid, dikonfirmasi, Senin (27/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, para petugas juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan, menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar tidak mudah terserang virus atau penyakit.

"Saat apel malam, waktu itu juga dihadiri Kapolsek Merbau, kita sampaikan bahwa dalam melakukan kegiatan ini kepada anggota agar tetap mengedepankan etika. Sampaikan dengan lemah lembut, tidak perlu dengan emosional," jelas dia.

Diakui Abdul Hamid, setelah beberapa malam patroli dilakukan, kesadaran masyarakat di daerah itu untuk mematuhi imbauan pemerintah, kian meningkat. Hal tersebut terlihat dengan berkurangnya warga yang berkumpul.

"Itu artinya masyarakat merespon dengan baik. Karena disaat awal patroli kita dapati mereka ngumpul, dan sekarang tidak kita temui lagi," pungkasnya. (rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan