News

Bersama Kodim 0303, Bea Cukai Bengkalis Lakukan Penegahan Bawang Ilegal

BENGKALIS - Bea dan Cukai type Madya Pabean C Bengkalis bersama Kodim 0303/Bengkalis berhasil melakukan penegahan penyeludupan 1.155 karung bawang merah ilegal di perairan Bengkalis. 

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai type Madiya Pabean C Bengkalis, Ony Ipnawan membenarkan dan meyebut penegahan sekitar 11 ton bawang merah tersebut berdasarkan informasi yang didapat oleh intelijen.

"Berbekal informasi tersebut, Tim P2 KPPBC TMP C Bengkalis berkordinasi dengan Kodim 0303 Bengkalis dan segera melakukan penindakan," ujarnya dalam keteranga tertulis, Sabtu (16/5/2020) petang.

Setibanya dilokasi pembongkaran, terang Ony. Tim mencurigai adanya aksi bongkar muat dan langsung menyisir wilayah tersebut.

"Peristiwa berawal pada hari Jumat 15 Mei 2020 malam, tim menemukan beberapa karung bawang yang disembunyikan di semak tidak jauh dari lokasi pembongkaran," ujarnya.

Selanjutnya barang temuan itu diamankan dengan menggunakan pickup sewaan menuju Kantor BC Bengkalis untuk dilakukan penangkapan lebih lanjut. Sebagian tim lainnya masih tetap melakukan pemantauan di lokasi.

"Tak berhenti sampai disitu, tim gabungan langsung bergerak cepat dari pelabuhan Parit 1, Bukit Batu menggunakan SB Pemburu BC 069 menyisir aliran sungai guna mencari kapal pengangkutnya," terang Ony.

Lanjut Ony, tepatnya, Sabtu pukul 08.00 WIB Tim berhasil menemukan kapal KM Doa Amak yang diduga kuat mengangkut ribuan karung bawah merah dari Malaysia.

"Saat tim gabungan mendatangu kapal tersebut, satu dari tiga orang ABK berhasil diamankan. Sedangkan dua orang lainya langsung terjun ke sungai melarikan diri menuju hutan," terangnya.

Kapal bermuatan ribuan karung bawan merah ilegal asal Maslaysia serta seorang ABK, terang Ony. Kini telah dibawa ke BC Bengkalis guna penyelidikan lebih lanjut.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan