News

Maju Pilkada Bengkalis, Pasangan Abi-Herman Tak Minta Ditepung Tawar

Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Bengkalis, Datuk Sri H Sofyan Said. (Foto: internet)

BENGKALIS- Dari empat pasangan Bacalon yang menyatakan maju pada Pilkada Bengkalis mendatang, hanya Bacalon usungan Koalisi PKS dan PPP pasangan Abi-Herman yang tak minta ditepung tawar oleh lembaga adat.

Kepada wartawan, Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Bengkalis, Datuk Sri H Sofyan Said mengaku hingga saat ini baru hanya tiga pasangan yang meminta restu dengan prosesi tepung tawar oleh lembaga adat tertinggi di tanah Melayu Bengkalis ini.

Yakni pasangan Kade-Iyeth yang diusung koalisi Partai PDI dan PKB, Kasmarni-Bagus usungan koalisi Partai PAN, Gerindra, PBB, Demokrat dan Nasdem. Kemudian pasangan Bacalon Indra Gunawan Eet-Syamsu Dalimunte dari koalisi Partai Golkar dan Perindo.

"Yang pertama kemarin Pak Abi Bahrun sama Herman. Pak Abi Bahrun dia datang ke lembaga adat beserta anggota partainya kemarin itu silaturrahmi tapi dia tidak ada menawari untuk ditepung tawari, kata Sofyan Said, Senin (7/9/2020).

Prosesi tepung tawar memang bukan merupakan sesuatu hal yang wajib bagi Bacalon yang bertarung di Pilkada Bengkalis. Namun menurut Sofyan Said prosesi ini sudah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan ditanah Melayu.

"Jadi dia kan tau lembaga adat kita ni lembaga adat tertinggi di daerah ini. Jadi diakad doa itulah dia meminta doa selamat supaya dalam pelaksanaan ini berjalan lancar," ujarnya.

Namun ia tetap menegaskan prosesi tepung tawar bukanlah sebuah persyaratan mutlak untuk mencalon sebagai kepala daerah. Karena tepung tawar hanya adat berbudaya yang lazim dilakukan ditanah melayu dan tak ada sanksi apapun jika tak melakukannya.

"Pada prinsipnya kita tidak memihak, kita tetap netral. Kita menepuk tepung tawar tu inilah putra putri terbaik kita untuk melakukan Pilkada itu. Siapa yang menang ya silahkan," Sofyan Said mengakhiri.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan