News

Pilkada 2020, KPU, Bawaslu dan Polres Meranti Gelar LKTJ, Video, dan Foto

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Syamsidir SPd

SELATPANJANG-Bebagai cara dilakukan untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepulauan Meranti yang aman, lancar dan kondusif. Termasuk juga dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rangka untuk memastikan dan melihat sejauh mana Pilkada Kepulauan Meranti 2020 bisa berjalan dengan baik,  Komisi Pemilihan Umum (KPU),  berkolaborasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polres Kepulauan Meranti. Mereka menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti untuk menggelar lomba. 

Sepakat lomba itu pun dibuka. Mulai dari karya tulis jurnalistik (LKTK) khusus kepada wartawan yang bertugas di Meranti, lomba video hingga foto. Demikian disampaikan Ketua PWI Meranti, Syamsidir Salim, Minggu (29/11/2020) siang.  

"Lomba ini hasil kolaborasi kami bersama tiga lembaga terkait, seperti KPU, Bawaslu dan Polres Kepulauan Meranti dalam menciptakan Pilkada 
aman, damai, dan berkualitas di tengah pandemi Covid-19. Paling tidak inilah bentuk apresiasi kita selaku warga negara dalam mendukung segala tugas yang dipikul masing masing lembaga terkait," ujarnya. 

Dengan demikian, penyelenggara sepakat mengangkat tema besar dari lomba yang dilaksanakan adalah "Ciptakan Pilkada Kepulauan Meranti 2020 Aman, Damai, dan Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19". Sementara sub tema, berbeda dari setiap kategori yang diperlombakan. 

Seperti sub tema kategori lomba video mengangkat tentang pengawasan dalam keberlangsungan seluruh tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh jajaran Bawaslu. Untuk lomba foto yakni, mengangkat kesiapsiagaan Polres Meranti di setiap tahapan Pilkada. 

Sementara yang terakhir, sub tema kategori lomba karya tulis jurnalistik bercerita tentang seluruh tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh KPU setempat. "Total hadiah yang akan diperebutkan dan disediakan oleh penyelenggara belasan juta rupiah," ungkapnya. 

Selain itu, setiap peserta wajib mematuhi segala persyaratan yang telah disepakati oleh penyelenggara. Untuk kategori video dan foto, peserta lomba terbuka untuk umum. Sementara untuk lomba karya tulis jurnalistik khusus wartawan aktif yang bertugas di Meranti. 

"Peserta lomba foto dan video terbuka untuk umum. Namun objek gambar harus berlokasi di Kepulauan Meranti. Begitu juga untuk lomba karya tulis jurnalistik juga sama. Namun objek tetap mengedepankan tahapan Pilkada di Kepulauan Meranti," ungkapnya. 

Secara rinci dijelaskan Syamsidir, pengumuman dan ketentuan lomba akan disiarkan di halaman Instagram, Facebook PWI Kepulauan Meranti, KPU Kepulauan Meranti, Bawaslu Kepulauan Meranti dan Humas Polres Kepulauan Meranti. 

Dalam ketentuan yang telah ditetapkan, setiap karya yang diikutsertakan pada lomba tersebut, hasil karya orisinil yang diproduksi sepanjang berjalannya tahapan Pilkada 2020 di Kepulauan Meranti.  

"Untuk itu, pengumpulan berkas karya telah dimulai terhitung sejak 22 November 2020 lalu. Sementara batas akhir pengumpulan berkas seperti yang telah disiarkan dalam pengumuman lomba, berakhir pada 13 Desember 2020 mendatang," bebernya. 

Adapun total hadiah yang disiapkan untuk para pemenang lomba karya tulis; juara I Rp3.000.000 + tropi dan piagam, juara II Rp2.000.000 + tropi dan piagam, dan juara III Rp1.500.000 + tropi dan piagam, juara harapan I Rp. 1.000.000 + piagam, juara harapan II Rp. 750.000 + piagam dan juara.

Selanjutnya, untuk pemenang lomba video, juara I Rp. 3.000.000 + tropi dan piagam, juara II Rp. 2.000.000 + tropi dan piagam, dan juara III Rp. 1.500.000 + tropi dan piagam, juara harapan I Rp. 1.000.000 + piagam, juara harapan II Rp. 750.000 + piagam dan juara harapan III Rp. 500.000 + piagam.

Kemudian, untuk pemenang lomba foto, juara I Rp. 2.000.000 + tropi dan piagam, juara II Rp. 1.500.000 + tropi dan piagam, dan juara III Rp1.000.000 + tropi dan piagam, juara favorit Rp. 500.000 + piagam. (rls)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan