News

Kapolres Bersama Tim Pamatwil Polda dan Forkopimda Pantau Proses Pemungutan Suara dan Prokes di TPS

SELATPANJANG - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, bersama Tim Pamatwil Polda Riau dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat memantau langsung proses pemungutan suara dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah TPS di Kota Selatpanjang, Rabu (9/12/2020).

TPS yang didatangi Eko Wimpiyanto bersama rombongan adalah TPS 01 Jalan Ahmad Yani, TPS 14 dan 15 Jalan Diponegoro Selatpanjang Kota, dan TPS 12 Jalan Sumber Sari Selatpanjang Timur.

Eko Wimpiyanto mengatakan, kehadiran mereka di TPS untuk memastikan petugas KPPS maupun pemilih telah menerapkan prokes pencegahan penularan Covid-19. Mulai dari pakai masker, pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, menggunakan sarung tangan, hingga menjaga jarak antar pemilih.

"Kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama. Sehingga, dalam proses pencoblosan harus betul-betul sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada," ujarnya.

Hasil pantauan dilakukan, imbuh Eko, secara umum semuanya sudah representatif dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Bahkan oleh penyelenggara pemilu, para pemilih di tempat itu diberikan undangan yang disertai dengan jadwal pencoblosan, masing-masing diberikan jam berbeda untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Kita harap proses pemungutan suara berjalan lancar. Tidak ada penyebaran Covid-19," harapnya.

Dia juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh KPPS dengan mendatangi orang sakit dan memastikan hak pilihnya tidak hilang.

"Kami juga melihat ada pelayanan prima yang diberikan petugas KPPS bagi orang yang sakit dengan mendatangi rumah yang bersangkutan. Hal ini sangat bagus karena bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih," ungkapnya.

Dari segi keamanan, terang Eko, saat ini situasi masih aman dan kondusif dan dipastikan tidak ada gangguan kamtibmas.

"Untuk pengamanan TPS, dengan jumlah 450 TPS di seluruh wilayah Kepulauan Meranti, kita telah menerjunkan 210 personel, terdiri dari 130 personel Polres dan 80 personel BKO Polda Riau," bebernya.

Turut hadir dalam patroli ke TPS itu, Dirpolair Polda Riau Kombes Pol Badaruddin, Wadir Pam Obvit Polda Riau AKBP Pria Budi, Kasat Pjr Dit Lantas Polda Riau AKBP Irmadison SH, Kasubag Pakat Kerma Roops Polda Riau Kompol Daryen D, Sekda Kepulauan Meranti Dr H Kamsol, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan, Kasat Pol PP Helfandi, Kadiskes dr Misri Hasanto, Ketua KPU Abu Hamid, dan Ketua Bawaslu Syamsurizal. (rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan