News

Tinjau Warga Terpapar Covid-19, Bupati Salurkan Bantuan Sembako

Bupati HM Adil saat meninjau warga terpapar Covid-19

MERANTI - Sikap cepat tanggap ditunjukkan Bupati Kepulauan Meranti HM Adil SH terhadap warganya yang terpapar Covid-19 di Desa Pulau Topang Kecamatan Rangsang. Selain meninjau langsung warga desa tersebut, untuk menjaga ketahanan pangan Bupati juga menyalurkan bantuan sembako, Senin (2/8/2021). 

Kunjungan Bupati ke Pulau Topang turut didampingi Kadis Kesehatan Misri Hasanto, Plt Kasat Pol PP Piskot Ginting, Plt Kabag Kesra Hasan, Kabag Humaspro Rudi, Camat Rangsang Tengku Arifin, Kepala Puskesmas Tanjungsamak dr Prima, dan Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Fakir Miskin Dinas Sosial Fahmuriadi. Sementara itu menyambut kedatangan Bupati, Pj Kades Topang Rubaidah. 

Dalam kunjungannya, Bupati berdialog langsung dengan aparatur desa dan tenaga kesehatan serta tim satgas Covid-19 dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Bupati minta upaya isolasi dan tracing tetap dilakukan dengan sebaik-baiknya dan dengan pendekatan-pendekatan kepada warga. Terlebih dia mendapat laporan ada warga yang menolak ditracing.

"Saat ini Pulau Topang kita lockdown sementara. Supaya kita bisa memutus mata rantai penyebaran. Kita suplai kebutuhan pokok warga. Saya minta warga bekerjasama dengan nakes untuk pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan tracing. Nakes kita bekerja untuk membantu warga bukan menyusahkan warga, jadi warga tidak perlu takut," tegas Bupati. 

Saat itu Bupati menyerahkan langsung bantuan secara simbolis ke sebuah rumah yang anggota keluarganya terpapar Covid-19. Bantuan selanjutnya akan diantar langsung oleh aparatur desa ke rumah-rumah warga.

Kepada Tim Satgas Kecamatan dan Desa, Bupati minta tetap berupaya membujuk warga agar mau diperiksa kesehatannya, diantaranya dengan mendekati para tokoh. Dia menegaskan, upaya memutus mata rantai penularan tetap harus dilakukan apapun tantangan di lapangan termasuk jika petugas harus melakukan tracing di malam hari.

Selanjutnya, Bupati juga mengimbau warga agar lebih disiplin protokol kesehatan 5 M yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas. 

Berdasarkan informasi dari Kadis Kesehatan Misri Hasanto, jumlah warga yang terpapar hasil tracing terakhir sebanyak 51 orang. "Mereka ini yang menjalani isolasi mandiri di Topang. Selain itu ada juga yang diisolasi di Puskesmas Tanjung Samak," tegas dia. (nur)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan