Tinjau Pembuatan Terasi 'Sodap'

Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Beli Jajanan Produk Lokal

Ketua TP PKK Rohil, Wakil Ketua bersama Owner terasi 'Sodap'.

BAGANSIAPIAPI - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rokan Hilir, Ny Sanimar Afrizal bersama Wakil Ketua TP PKK Sari Eka Rahmi melakukan kunjungan ke beberapa pelaku UMKM yang ada di Bagansiapiapi, Selasa (7/9/2021).

Salah satunya, Ketua TP PKK Rohil dan rombongan meninjau produksi pembuatan sambal terasi 'Sodap' yang berada di Jalan Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi.

Diketahui, UMKM terasi 'Sodap' ini merupakan binaan kelompok pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Bagansiapiapi dibawah bimbingan TP PKK Rokan Hilir.

Selain itu, terasi 'Sodap' siap saji ini merupakan salah satu produk lokal yang dibuat secara tradisional dari bahan baku udang tanpa menggunakan zat pewarna dan pengawet.

Owner terasi 'Sodap', Nur Azmi mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Rohil karena melalui binaan UP2K, usahanya bisa berjalan dengan pembuatan berbagai macam terasi sebagai salah satu makanan khas ataupun oleh-oleh dari Bagansiapiapi.

"Semoga usaha ini bisa terus berkembang sehingga mampu menjadi penghasilan dan meningkatkan ekonomi keluarga serta menjadi contoh bagi masyarakat lain yang ingin bergerak di bidang usaha," papar Ketua UKM IKM Rohil ini. 

Sementara Ketua TP PKK Rohil Sanimar berharap kepada masyarakat Rohil yang datang ke Ibu Kota Bagansiapiapi agar tidak lupa membeli produk lokal seperti terasi 'Sodap' ini maupun jajanan lain agar produk lokal semakin berkembang.

"Kami sangat bangga dengan adanya UMKM seperti ini karena para ibu dapat membantu perekonomian keluarga. Pemerintah daerah melalui PKK sangat mendukung kegiatan seperti ini," ujar Ketua Dekranasda Rokan Hilir itu.

Pada kesempatan itu, Sanimar juga menyempatkan diri untuk mencoba bagaimana caranya mengolah terasi 'Sodap' mulai dari menggonseng terasi hingga membungkus terasi menjadi makanan siap saji.

Tidak hanya itu, Ketua PKK Rohil Sanimar Afrizal juga melakukan kunjungan ke beberapa pelaku UMKM lainnya seperti pembuatan keripik tempe di Jalan Bintang, pembuatan madu di Jalan Nelayan Bagansiapiapi serta melaksanakan peninjauan hasil kerajinan tangan lokal yang ada di Gedung Dekranasda Bagansiapiapi. (rls/rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan