Sempena HKN & HUT IDI

IDI Rohil Taja Seminar Bekerjasama dengan Eka Hospital Pekanbaru

Foto bersama Bupati Rohil, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua IDI Rohil, Direktur Eka Hospital dan Ketua PPNI Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Dalam rangka bersempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 dan menyambut HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-73, IDI Cabang Rokan Hilir (Rohil) mentaja seminar bekerjasama dengan Eka Hospital Pekanbaru.

Seminar dengan tema "Comprehensive Management of Coronary Artery Disease" itu diikuti sebanyak 100 orang peserta offline dan 130 online yang terdiri dari dokter umum dan paramedis yang berada di Rohil.

Seminar dibuka oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Selasa (23/11/2021) di Bagansiapiapi.

Turut hadir Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Forkopimda, Sekda Job Kurniawan, Ketua IDI Rohil dr Suratmin M.Ked (Ped) SpA, Direktur Referral Eka Hospital Romi Wijaya Saputra, Direktur RSUD Pratomo, Direktur RS Cahaya serta perwakilan direktur RS lainnya.

Ketua IDI Rohil mengatakan, seminar yang dilaksanakan untuk menambah kompetensi dan profesionalisme para dokter yang bertugas di puskesmas atau ditempat lain di Rohil, sehingga lebih percaya diri dalam menangani masyarakat atau pasien.

Sementara untuk seminar kali ini, IDI Rohil mengundang dua narasumber dari Pekanbaru yaitu dokter spesialis bedah jantung dan dokter jantung.

Ketua IDI Rohil juga turut menjadi narasumber dengan menyampaikan materi etika legal atau epik profesi kedokteran.

Untuk mengenai vaksinasi, IDI Rohil tetap mensupport pemerintah dengan sudah melakukan dua kali vaksinasi di Bagan Batu.

“Pertama kami lakukan 500 dosis, setelah itu 800 dosis,” ungkap Suratmin.

Hal itu dilakukan IDI Rohil untuk mengejar percepatan hard immunity dan mencapai target 70 persen vaksinasi pemerintah daerah, meski stok vaksin sangat terbatas.

“Kami juga berharap kepada pemerintah daerah agar mengangkat para dokter non PNS menjadi PNS pada 2022 mendatang, atau setidaknya dapat menjadikan tenaga kesehatan P3K,” harap Suratmin.

Selanjutnya Bupati Rohil menginginkan kedepan pelayanan kesehatan terus ditingkatkan, juga peningkatan pada dokter-dokter spesialis dan peningkatan RSUD dari tipe C menjadi B.

“Kita masih ada kekurangan-kekurangan dalam segi peralatan dan dokter spesialis. Ini tentunya menjadi PR pemerintah daerah kedepan, dan secara bertahap akan kita anggarkan di tahun 2022-2023 untuk melengkapi ini,” ujar Afrizal.

Afrizal Sintong menegaskan untuk pelayanan kesehatan, para medis dan peralatan medis akan menjadi perhatian pemerintah daerah.

“Apa-apa yang belum kita miliki di RSUD dan puskesmas akan kita anggarkan di APBD tahun 2023. Ini mengingat APBD di tahun 2022 sudah hampir selesai,” sebutnya.

Pemerintah daerah, lanjut bupati, juga sudah memberikan beasiswa kepada 10 dokter spesialis untuk melaksanakan pendidikan.

Kepada dokter spesialis ini, Bupati Afrizal berharap agar dapat mengabdi di daerah Rohil setelah menyelesaikan pendidikan.

“Untuk tenaga kesehatan P3K juga sudah kita usulkan tahun ini,” tuturnya.

Seminar yang ditaja IDI Rohil mendapat sambutan baik dari Ketua IDI Provinsi Riau, dr Zul Asdi SpB, MKes. Ia memberikan apresiasi kepada Ketua IDI Rohil Suratmin.

“Saya juga berterima kasih kepada Eka Hospital Pekanbaru yang telah mensponsori acara ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Riau,” ungkap Zul. (rif)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan