News

Bupati Rohil Buka Donor Darah Serentak HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

Bupati Afrizal Sintong bersama Wabup H Sulaiman meninjau pelaksanaan donor darah di Mako Satpol PP Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rohil Afrizal Sintong, SIP membuka bakti sosial donor darah serentak se-Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-60 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan HUT ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) tahun 2022 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Donor darah tersebut diikuti seluruh PNS dan Banpol PP Rohil, bertempat di Mako Satpol PP Rohil, Bagansiapiapi, Rabu (2/3/2022). 

Kehadiran Bupati bersama rombongan disambut yel-yel Satuan Polisi Pamong Praja. 

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, tokoh masyarakat Nasrudin Hasan, Ketua PMI Rohil Ilhammi Str.Kep, Direktur RSUD Pratomo Bagansiapiapi Cici Sulastri, pejabat pengawas administrator Satpol PP Rohil, Kabid BPBD Edo Rendra, Kabid Dinsos Alam Jaya, Komisioner Baznas Rohil Junaidi serta undangan lainnya. 

Kepala Satpol PP dan Linmas Rohil, Syafnurizal SE menjelaskan, awal mula berdirinya Satpol PP pada tanggal 3 Maret 1950 di Yogyakarta.

“Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014,” jelas Syafnurizal. 

Dipaparkannya, pasukan Satpol PP Rohil saat ini berjumlah 77 PPNS dan 340 orang petugas keamanan yang berada di Kecamatan Bangko, eks IPDN dan Bagan Batu.

Adapun tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2022 adalah profesionalitas dan berintegrasi mewujudkan penyelenggaraan trantibum untuk indonesia maju dan sehat. 

Sedangkan tema HUT Damkar tahun 2022 yaitu pemadam kebakaran sinergi mewujudkan bahu membahu indonesia tangguh dan indonesia tumbuh. 

Meski dengan kekurangan, Satpol PP Rohil siap melaksanakan tugas sesuai PP Nomor 16 tahun 2018 dan peraturan daerah serta peraturan kepala daerah.

Sementara untuk sarana prasarana dan kekurangan di Satpol PP, bupati akan menganggarkan di APBD-P atau paling lama di APBD 2023.

“Banyak kekurangan di Satpol PP termasuk mobiler-mobiler dan perehapan,” ujarnya. 

Apresiasi juga diberikan Bupati Afrizal Sintong kepada Satpol PP dan Linmas Rohil atas pelaksanaan kegiatan donor darah.

Hal ini, sebut bupati, dapat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan darah. “Luar biasa Satpol PP dan Linmas Rohil,” ucapnya.

Tak hanya itu, bupati juga bangga terhadap kinerja Satpol PP yang membantu menjaga ketertiban dan keamanan di Lingkungan Pemkab Rohil. 

Kemudian Ketua PMI Rohil, Ilhammi Str.Kep mengucapkan terimakasih kepada Satpol PP Rohil yang bersedia melakukan donor darah. 

Satpol PP Rohil sebut Ilhammi, bersedia menyumbang 300 kantong darah, namun PMI hanya memiliki ketersediaan 100 kantong saja. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan