News

Penerimaan Satpol PP Rohil Akan Segera Diumumkan

Bupati Rohil, Afrizal Sintong, SIP saat memberikan sambutan di Mako Satpol PP Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Penerimaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan segera diumumkan. Bupati Rohil, Afrizal Sintong, SIP memastikan, pengumuman penerimaan Satpol PP akan dilakukan dalam dua minggu mendatang.

“Penerimaan Satpol PP akan segera diumumkan. 400 - 500 orang akan diterima, sementara yang sudah mendaftar sekitar 1200 orang,” jelasnya.

Bupati menegaskan, untuk penerimaan anggota Satpol PP baru akan lebih diteliti melalui fit and proper test. Calon anggota Satpol PP yang baru harus memiliki kesiapan fisik seperti tinggi badan, berat badan maksimal serta syarat lainnya.

Bagi yang diterima, sebutnya, akan menjalani proses training selama enam bulan dan menerima gaji dibawah nominal gaji anggota lama.

“Setelah proses training ini dilewati dan dinyatakan siap, maka pemda akan menganggarkan kembali gaji di tahun 2023,” ujar Afrizal, Rabu (2/3/2022) di Bagansiapiapi.

Bupati kembali menegaskan, untuk penerimaan Satpol PP tahun ini akan betul-betul diseleksi, tanpa ada titipan dan keberpihakan. Anggota yang diterima harus lulus murni dan memang layak.

“Bagi yang belum lulus nanti agar tidak berkecil hati. Petugas Satpol PP yang kita terima harus memenuhi semua persyaratan dan betul-betul bisa menjadi petugas keamanan,” ucapnya.

Bagi petugas Satpol PP yang baru akan disebarkan diseluruh kecamatan dan kantor-kantor dinas yang memiliki kekurangan. Kemudian tim shift dan prosedurnya akan diatur dengan baik

Bagi seluruh anggota Satpol PP, Pemkab Rohil juga akan serius melaksanakan pendidikan dasar (diksar) sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada tenaga keamanan.

“Diksar ini akan dilakukan bertahap untuk melatih kekurangan para pegawai Satpol PP kita. Diksar akan diikuti 50 orang setiap bulannya dan dilaksanakan selama 21 hari menggunakan anggaran perubahan,” papar Afrizal.

Untuk pelaksanaan diksar, Pemkab Rohil akan berkomunikasi dengan Polda Riau. Perkiraan anggaran diksar untuk satu orang mencapai Rp 10 Juta.

“Jadi untuk 600 anggota Satpol PP kita menelan biaya diksar sebesar Rp 6 Miliar. Ini sebagai upaya agar Satpol PP kita lebih terlatih,” sebut bupati.

Agar lebih memudahkan, ungkapnya, pelaksanaan diksar direncanakan dihelat di Rohil. Dalam pelaksaannya nanti, petugas Polda Riau akan dipanggil sebagai bagian diksar. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan