News

Jumat Curhat, Kapolres Andi Yul Dengarkan Langsung Keluh Kesah Masyarakat Desa Terluar

MERANTI - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Jumat (10/2/2023) pagi, bertempat di pantai Motong, bersilaturahmi dengan pemerintah desa dan masyarakat Permai, Kecamatan Rangsang Barat.

Melalui pertemuan yang dibungkus dalam kegiatan Jumat Curhat itu, Andi Yul mendengarkan serta menerima langsung keluhan maupun masukan dari masyarakat desa terluar yang berbatasan dengan selat Melaka dan negeri jiran Malaysia tersebut.

Menerima kunjungan silaturahmi tersebut, Kepala Desa (Kades) Permai Azman, menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada Kapolres dan Kapolsek Rangsang Barat beserta jajaran yang telah meluangkan waktunya bertemu langsung dengan pemdes dan masyarakat setempat.

"Kami merasa bangga dan terharu atas kunjungan pak Kapolres dan jajaran. Mudah-mudahan pertemuan ini membawa manfaat besar bagi kita semua," ucapnya.

Kapolres AKBP Andi Yul, di kesempatan itu menyampaikan bahwa selain bersilaturahmi, kedatangan ia bersama jajaran bermaksud untuk mendengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat desa terluar ini.

"Dalam menjalankan tugas, kami dari kepolisian juga butuh masukan-masukan dari masyarakat. Apalagi Desa Permai ini merupakan desa yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia yang berkemungkinan banyaknya tindak pidana yang terjadi, salah satunya  Narkoba," ungkapnya.

Ia berharap adanya peran dari masyarakat, apabila ada orang asing yang dicurigai segera melapor ke polisi terdekat, seperti Bhabinkamtibmas.

"Mari kita bersama-sama kita menjaga keamanan ketertiban di daerah kita ini agar tetap kondusif. Jika ada hal atau orang yang mencurigakan, harus segera dilaporkan ke kami," harap Andi Yul.

Di kesempatan itu, Kabag Ops Kompol Yudi juga menyampaikan sejumlah hal seperti tengah pandemi Covid-19, booster kedua, serta penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Begitu pula dengan Kabag SDM Kompol. Yuherman yang menginformasikan tentang penerimaan anggota Polri. Dimana, putra-putri lulusan SMA sederajat dan sarjana yang berada di pulau terluar, serta suku Alasli akan mendapatkan prioritas pada saat mendaftar Anggota Polri. Bahkan, Polres Meranti akan membantu memberikan bimbingan secara gratis.

Usai sambutan, Kapolres dan jajaran berdialog dengan masyarakat. Mulai dari menerima aspirasi, keluhan dan permasalahan di Desa Permai.

Bahkan termasuk isu terkait penculikan terhadap yang sedang viral di media sosial. Masyarakat berharap agar polisi melaksanakan patroli ke daerah-daerah yang sepi maupun rawan.

Menanggapi persoalan itu, Kapolsek Rangsang Barat Iptu Benny A Siregar SH MH, mengatakan pihaknya telah melakukan menyelidikan terkait informasi penculikan anak. Namun hal ini belum sampai terjadinya penculikan anak dengan sasaran siswa yang membawa motor ke sekolah.

"Kami juga menghimbau kepada orang tua, sebaiknya jangan memberikan anak-anak memakai sepeda motor. Apalagi, dari segi umur belum berhak menerima atau mengendarai sepeda motor," imbaunya.

Selanjutnya, terkait dengan keinginan masyarakat untuk memasukkan anaknya menjadi polisi, Kabag SDM pun merespon dengan baik.

Ia menyampaikan bahwa saat ini Polri membuka kouta khusus bagi anak-anak pulau terluar yang ingin menjadi anggota Polri.

"Ada juga penerimaan jalur khusus prestasi. Kita akan bantu putra-putri yang ingin jadi anggota Polri dengan membuka bimbingan gratis," jelasnya.

Sementara itu, Kades Permai menyampaikan curhatan terkait dengan abrasi. Pihaknya telah mengusulkan untuk pembangunan turap dan telah disetujui oleh pemda.

Curhatan Kades langsung ditanggapi Kapolres dengan menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas atau instansi terkait agar pembangunan turap segara dilaksanakan.

Pertemuan tersebut ditutup dengan pemberian cinderamata berupa bola Voli serta net dari Kapolres kepada Kades Permai untuk menunjang kegiatan positif masyarakat dibidang olahraga.

Ikut hadir dalam Jumat Curhat itu, Kbo Sat Intelkam Polres Kepuluan Meranti IPDA Mada Surya, Kanit Patroli Satpolairud Iptu Abdul Roni SH, dan masyarakat Desa Permai. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan