News

Desa Berancah Ditetapkan Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Bengkalis - Kementerian Agama Bengkalis melalui Seksi Bimas Islam Menetapkan Kelurahan Damon dan Desa Berancah sebagai Kampung Moderasi Beragama.

Penyerahan SK Penetapan Kampung Moderasi Beragama Desa Berancah Kecamatan Bantan diterima langsung oleh Kepala Desa Berancah Turadi yangdiserah langsung oleh Kakan Kemenag Kabupaten Bengkalis.

Penetapan di lakukan usai melaksanakan sosialisasi terhadap keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 137 tahun 2023 tentang Pedoman pembentukan Kampung Moderasi beragama pada kelurahan dan desa terpilih tersebut.

"Alhamdulillah melalui sosialisasi yang telah di anggarkan dalam DIPA Bimas Islam Kemenag Bengkalis menetapkan Kelurahan Damon dan Desa Berancah  sebagai kampung moderasi beragama"ujar Kasi Bimas Islam Mahzum, Selasa,( 20/07/2023).

Mahzum menjelaskan penetapan Kampung Moderasi Beragama tidak asal pilih. Berbagai stakeholder dilibatkan agar mendapat pertimbangan komprehensif dan berimbang. Hal ini bertujuan agar kampung yang nantinya ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama tidak menimbulkan konflik maupun gesekan sosial.

Untuk diketahui, Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya adalah memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung.

Dengan adanya Kampung Moderasi semoga dapat menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam hal agama atau kepercayaan untuk saling menghargai dan menjunjung toleransi.  

"Nanti dengan adanya Kampung Moderasi semoga bisa dijadikan sebagai acuan bagi seluruh wilayah di Kabupaten Bengkalis mengenai indahnya rasa persatuan dalam berbagai perbedaan."harap Mahzum.

Kepada penyuluh agama kami harap agar dapat menjadi penggerak moderasi beragama di dua  kampung moderasi ini ,karena posisi dan peran penyuluh agama sangat strategis untuk mengawal jalannya KMB yang berbasis di desa/kelurahan di Kecamatan.

Pada kegiatan sosialisasi KMB ini  juga menghadirkan narasumber dan tokoh lintas agama serta para pemangku kebijakan untuk mensuksekan Kampung Moderasi yang akan launching di Kabupaten Bengkalis pada Juli mendatang.**



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan