Nasional

WEI Berkolaborasi Dengan Unilever, Dorong Era Pertanian Berkelanjutan

Jakarta – Pada hari Rabu (17/10/2023), Widya Erti Indonesia (WEI), sebagai salah satu mitra Unilever, berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan "Smallholders Farm Visit and Program Discussion" di Simalungun dan Medan, Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini, Eric Soubeiran, Vice-President and Managing Director - Climate and Nature Fund di Unilever, mengunjungi Indonesia untuk melihat langsung inisiatif pembinaan dan pengembangan petani yang dilakukan oleh WEI dan mitra-mitra lainnya.

WEI, sebagai salah satu smallholders Unilever, telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam membina kelompok petani lokal untuk menerapkan Praktik Pertanian yang Baik. Tidak hanya itu, WEI juga memfokuskan perhatian pada pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT), membimbing mereka untuk mengembangkan berbagai produk inovatif dari bahan baku lokal seperti pisang, singkong, kelapa, hingga lidi sawit.

Beragam produk yang dihasilkan oleh KWT ini berupa makanan, minuman, hingga kerajinan tangan yang tidak hanya menciptakan nilai tambah ekonomi, tapi juga membuka peluang baru bagi wanita tani untuk berkontribusi dalam peningkatan ekonomi keluarga.

"Kami di WEI percaya bahwa pemberdayaan perempuan dan pengembangan pertanian berkelanjutan harus seiring dalam membangun komunitas yang lebih kuat dan mandiri. Melalui inisiatif ini,  jalan bagi wanita di pedesaan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi keluarga mereka menjadi terbuka, sambil mempromosikan penggunaan sumber daya alam yang sirkular," kata Wiranatha Krisna, Executive Director WEI.

Menyadari pentingnya ekonomi sirkular, WEI telah berhasil mengimplementasikan strategi dimana bahan baku seperti daun kelapa sawit diolah menjadi pakan ternak, yang kemudian dikonversi menjadi pupuk organik untuk digunakan kembali di lahan pertanian. Siklus ini menciptakan rantai nilai yang menguntungkan dan ramah lingkungan.

Krisna mengaku sangat mengapresiasi kerjasama yang tercipta dan berharap kolaborasi ini akan terus berkembang untuk mendorong pengembangan lebih lanjut di komunitas-komunitas marginal dan pedesaan. “Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerjasama ini dan berharap akan ada lebih banyak lagi inisiatif bersama antara Unilever, WEI, dan smallholders lainnya yang berfokus pada pengembangan masyarakat,” imbuh Krisna.

Dalam kegiatan ini, diskusi program antara Unilever dan smallholders membuka dialog penting tentang bagaimana peranan Unilever dalam membantu smallholders mewujudkan sektor agrikultur yang bertanggung jawab terhadap masa kini dan masa depan.

Tentang Widya Erti Indonesia:
Widya Erti Indonesia (WEI) adalah organisasi yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup komunitas pedesaan dan marjinal melalui pendidikan dan pengembangan ekonomi. WEI bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi mendorong pencapaian SDGs di Indonesia dan dunia. Melalui berbagai program, WEI berupaya mewujudkan visi masyarakat yang terdidik, berdaya, dan terlibat dalam lingkungan sosial yang setara dan berkelanjutan.

Kontak Media:
Syafira Syah
[email protected]



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan