News

Silaturahmi Forkopimda, Kapolres Meranti Ajak Wartawan Ikut Lomba Jurnalistik Polda Riau

SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotik) menggelar agenda silaturahmi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan insan pers, Kamis (30/11/2023) siang.

Kegiatan yang mengusung tema Sinergitas dan Peran Wartawan Dalam Membangun Daerah itu dilaksanakan di Ballroom Lantai II Afifa Sport Center, Jalan Banglas dihadiri Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Fauzi Hasan M.Ikom, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling SIk MH, Kajari Kepulauan Meranti, Febriyan M. MH, Danposal Selatpanjang, Kapten Laut (P) Amrizal, Danramil 02 Tebingtinggi, Kapten Inf Tarman Sugianto S.Sos, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM, Kasat Reskrim Polres, Iptu AGD. Simamora, M.H,Ketua Pengadilan Agama, H. Khoirul Huda, S.Ag., M.H, para Asisten, Kepala OPD dan awak media dari sejumlah organisasi.

Diawali dengan makan siang bersama, acara tersebut berlangsung penuh dengan keakraban. Selanjutnya Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar yang memberikan sambutannya mengatakan selain bersilaturahmi bersama pejabat struktural dan pejabat instansi vertikal, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melakukan koordinasi sekaligus membahas isu-isu aktual yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Asmar mengatakan kegiatan silaturahmi tersebut dilakukan agar semua pihak dapat bersinergi dan saling mendukung optimalisasi kinerja pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti kedepan dengan lebih maksimal

Dikatakan Asmar, media massa dinilai punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Dimana saat ini, media massa dianggap sebagai salah satu sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa. Media juga dianggap sebagai cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dan dunia.

"Adanya peran media massa di pemerintahan, selain dapat menjadi alat informasi yang transparansi juga dapat memberikan kesan responsif bagi pemerintah ke masyarakat. Peran pers sebagai penyambung komunikasi yang positif antara pemerintah masyarakat di era digitalisasi sangat penting, termasuk dalam menyampaikan informasi, kebijakan dan program - program pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Disampaikan Asmar, apa yang dilakukan pemerintah tidak bisa diketahui oleh masyarakat tanpa adanya bantuan wartawan dan media massa sebagai jembatan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dengan akurat dan jelas.

"Untuk itu saya berharap insan pers mampu menjadi penyeimbang informasi agar bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat secara berimbang, adil, dan tentunya informasi-informasi yang diterima masyarakat bisa mengedukasi dan berkontribusi kepada kondusifitas dan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Berada di tahun politik, Asmar meminta kepada wartawan untuk tidak memberitakan informasi yang bersifat fitnah dan adu domba.

"Saya minta dan mohon kepada wartawan untuk memberikan informasi yang benar dan isinya tidak bersifat fitnah dan adu domba. Apalagi saat ini kita berada di tahun politik. Mari kita bekerjasama, prinsipnya kita ingin membangun Meranti, bukan untuk menghancurkan," kata Asmar.

Disampaikan lagi bahwa peranan media dalam penyebaran informasi kepada publik hendaknya bersifat edukatif dan informatif sekaligus memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Media atau insan pers ini merupakan sarana paling tepat untuk penyebaran informasi kepada publik. Hak mendapatkan informasi itu milik semua media, pihak pemerintah daerah juga tidak boleh membatasi bahkan kepada seluruh warga negara sekalipun, namun perlu juga kita ingat bahwa ada informasi-informasi yang dikecualikan karena bersifat privasi," pungkasnya.


Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling SIk MH menyampaikan jika pihaknya selama ini terus menjaga keharmonisan dan hubungan baik dengan seluruh insan pers. Menurutnya keduanya saling membutuhkan.

"Kami Polres Kepulauan Meranti berusaha untuk dapat terus bersinergi dan kompak bersama dengan rekan wartawan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif. Apa yang sudah terjalin dengan baik selama ini akan terus kita pertahankan, baik secara komunikasi maupun keharmonisan, apalagi dalam mendukung terlaksananya pemilu damai tahun 2024," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengundang awak media dan melakukan sosialisasi terkait adanya lomba karya jurnalistik bertajuk Pemilu Damai, yang diinisiasi oleh Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk terus menyuarakan narasi Pemilu Damai menjelang pesta demokrasi 2024. Salah satunya melalui lomba karya jurnalistik yang pertamakali nya dilaksanakan oleh Polda Riau.

Menurut AKBP Andi Yul, kapolda Riau sudah menyiapkan banyak hadiah kejutan menarik yang totalnya mencapai puluhan juta rupiah, serta umrah gratis bagi jurnalis yang memenangkan perlombaan.

Dimana ada tiga kategori dalam lomba karya jurnalistik tersebut, yakni meliputi karya tulis, foto, dan video.

"Ada banyak hadiah yang disediakan oleh Polda Riau dan akan hadiah kejutan juga dari saya apabila ada wartawan di Kepulauan Meranti yang mendapatkan juara. Silakan teman-teman jurnalis ikuti perlombaan ini. Intinya kita ingin pelaksanaan pemilu di Riau khususnya berjalan dengan aman, damai, dan kondusif," ujar AKBP Andi Yul. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan