News

BPBD Meranti Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Karhutla di Sekolah

MERANTI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan sosialiasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekolah.

Kamis (15/06/2023), BPBD Kepulauan Meranti mendatangi SLB Negeri Selatpanjang. Kegiatan simulasi penanganan bencana kebakaran dan evakuasi korban dilaksanakan pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Sosial P3AP2KB, BPBD dan Basarnas.

Sekretaris BPBD Kepulauan Meranti Eko Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan  pemahaman edukasi terkait penanggulangan kebencanaan dan juga tentang penyelamatan dan pertolongan.

"Kegiatan itu untuk memberikan pemahaman kepada murid murid yang ada di sekolah itu tentang bagaimana bahaya bencana ini, dan bagaimana untuk mencegah dan mengantisipasinya," ujarnya.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, diantaranya tentang pencegahan terhadap bahaya bencana baik itu bencana banjir maupun bencana kebakaran, Penyelamatan dan pertolongan terhadap korban.

"Tadi ada beberapa materi yang kita sampaikan, baik itu dari pihak BPBD maupun Basarnas. Dikarenakan bencana itu ruang lingkupnya besar, untuk itulah kita gandeng Basarnas," jelas Eko.

Selain itu, dirinya berharap dengan kegiatan ini pada siswa-siswi yang berkebutuhan khusus ini  dapat juga memahami tentang suatu bencana dan juga bisa mengetahui mitigasinya serta bagaimana bisa menyelamatkan diri dan bagaimana pula bisa menyelamatkan orang yang terkena musibah kecelakaan.

"Kita juga sampaikan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kepulauan Meranti dan juga kita lakukan simulasi untuk lebih memahami para siswa-siswi yang ikut," katanya.

Diungkapkan Eko, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan kegiatan untuk menunjang Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kemarin kita diminta untuk memberikan  pemahaman edukasi sosialisasi dan simulasi terkait penanggulangan bencana. Memang untuk kegiatan semacam ini memang sudah pernah dilaksanakan, namun itu ditingkat TK dan PAUD di Kepulauan Meranti. Namun untuk tingkat SLB baru perdana," ungkap Eko.

Sekedar informasi, BPBD dan Basarnas juga melakukan penanda tanganan MOU untuk kerjasama pemberian sosialisasi dan edukasi terhadap murid didik dan guru di SLB Negeri Selatpanjang Kepulauan Meranti. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan