Riau

Wabup Meranti Silahturahmi dan Himpun Masukan Warga Rangsang Pesisir

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama rombongan Pemda Meranti, menggelar Safari Ramadhan di Desa Tanjung Kedabu Kec. Rangsang Pesisir, moment itu dimanfaatkan Pemda untuk bersilahturahmi bersama masyarakat sekaligus mendengarkan berbagai masukan terkait pembangunan di Kepulauan Meranti, Masjid Al-Mutaqin, Rabu (23/5/2018).

Turut mendapingi Wakil Bupati, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikutura Ir. Prasetyo, Kepala Dinas Perkebunan Ir. Jaka, Kepala Dinas Sosial Drs. Asroruddin, Ka. Kemenag Meranti Darwison SAg, Kadishub Meranti Dr. Aready, M. Nasir, Kepala Bagian Kesra Sekda Husni Gamal, Kabag Humas dan Protokol Helfandi SE MM, Tokoh Masyarakat/Adat/Agama.

Kegiatan diawali dengan Sholat Tarawih berjamaah yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa diseputaran Masjid Al-Mutaqin serta bantuan pembangunan masjid. Penyerahan bantuan langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim didampingi Ketua MUI dan Ka. Kandepag Meranti kepada pengurus masjid dan perwakilan Anak Yatim serta Kaum Dhuafa.

Kesempatan bertemu Wakil Bupati bersama SKPD yang menangani masalah pembangunan dan perkebunan, dimanfaatkan oleh Camat Rangsang Pesisir, M. Nasir untuk sedikit curhat tentang kondisi didaerahnya. Menurutnya M. Nasir willayah yang dipimpinnya sangat membutuhkan sentuhan pembangunan disegala sektor, mulai dari pertanian dan perkebunan yang menjadi andalan hingga infrastruktur pendukung pembangunan yakni jalan akses yang sudah sangat memprihatinkan. Untuk itu ia berharap kepada SKPD terkait dapat memberikan solusi.

"Kami berharap kepada seluruh SKPD dapat memperhatikan Rangsang Pesisir khususnya Desa Tanjung Kedabu yang terluar, terisolir dan termiskin khususnya pembangunan infrastrktur jalan sebagai akses penghubung antar Desa yang sebagian besar dalam kondisi sangat memprihatinkan," ujar Camat.

Mendengar curhatan itu, Wakil Bupati yang turun langsung sambil melihat kondisi infrastruktur diwilayah itu, langsung meminta pimpinan SKPD yang turut serta bersamanya untuk memaparkan apa saja program strategis yang akan dijalankan dengan didasari karakteristik dan kondisi wilayah Rangsang Pesisir.

Mendapat kesempatan pertama, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Meranti Ir. Prasetyo, yang mengaku dari pandangannya potensi Perkebunan di Rangsang Barat sangat besar untuk itu ia akan menjalankan program peremajaan Kebun Kelapa yang direncanakan seluas 45 ribu Ha, Nantinya akan dibuat industri pengolahan yang dikelola oleh Bumdes sehingga kelapa tidak perlu lagi dijual ke Tengkulak dengan harga murah, cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Perikanan Meranti Heldi SE, instansi yang dipimpinnya akan berupaya memberikan bantuan alat perikanan tangkap dan melakukan penyuluhan managemen usaha serta sharing informasi tentang perikanan tangkap. Hal itu dilakukan menimbang banyaknya masyarakat yang mengantungkan hidup sebagai nelayan. Selain itu akan memberikan kartu Nelayan dalam rangka memberikan rasa aman kepada Nelayan dalam bekerja karena sudah dijamin Asuransi.

Dinas PU Meranti yang diwakili oleh Kabid Sabri, dari hasil pantauannya mengaku jalan di Dusun Api Api sangat memprihatinkan, untui itu ditahun 2019 mendatang akan dilakukan peningkatan jalan Tj. Samak dan Tj. Kedabu.

 "Kegiatan itu sudah masuk dalam program 2019" aku Sabri.

Selain itu pembangunan jembatan Desa Telesung dan Rumah Layak Huni, serta Rumah Khusus untuk warga kurang mampu.

Terakhir Kepala Dinas Perhubungan, Dr. Aready, dikatakannya dalam rangka membuka konektifitas atau akses antar wikayah, pihaknya akan mengupayakan pembangunan akses Transportasi yang menghubungkan Pulau Bengkalsi dengan Pulau Padang, selanjutnya Pulau Padang ke Pulau Sumatera tepatnya di Desa Lukit menuju Buton.

Selanjutnya akses Penghubung Pulau Tebing tinggi-Pulau Rangsang dan tahun ini penyelesaian, Ro-Ro Insit Laut Pecah Buyung. dan lainnya.

Khusus pelabuhan dikatakan Aready, telah diusulkan untuk pembangunan 5 Pelabuhan diantaranya di Kedabu Rapat, Tanah Merah, Desa Beting, Tenggayun Raya dan lainnya.

Terkait Bidan Desa di wilayah Tj. Kedabu yang masih kurang dikatakan Wakil Bupati H. Said Hasyim akan segera terisi dan tak lama lagi siap melayani masyarakat. 

"Kita telah melakuian seleksi untuk Bidan PTT dalam waktu dekat akan bertugas melayani kesehatan masyarakat," ujar Wabup.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Wakil Bupati di Kecamatan Rangsang Pesisir, diakhiri dengan mendengarkan Tausiah dan Ketua MUI Meranti H. Mustafa, yang menjelaskan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di bulan Ramadhan yang penuh hikmah, minimal level iman Makbul dimana seorang muslim dapat menjalankan semua ibadah yang diperintahkan Allah dengan ikhlas dan sungguh sungguh, seperti Sholat berjamaah, puasa, baca Al-Quran dna lainnya, keimanan ini dikatakan Al-Ustadz akan dapat menggugurkan semua dosa dosa dimasa lalu.(hms)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan