News

Temui Peternak Sapi di Desa Bina Maju, Praka Agam Iskandar Sampaikan Imbauan Terkait PMK

MERANTI - Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi, Kodim 0303/Bengkalis, Praka Agam Iskandar mengunjungi peternak sapi di wilayah binaan yaitu Desa Bina Maju, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Minggu (23/6/2024).

Praka Agam Iskandar di samping tugas dan tanggung jawab juga ikut aktif melaksanakan monitoring tentang kesehatan hewan ternak untuk pencegahan dan antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dapat menyerang dan menjangkiti hewan ternak warga. Diketahui, wabah tersebut sangat berbahaya bila sampai menjangkiti, ternak akan mengakibatkan kematian.

Untuk mencegah hal itu, Praka Agam Iskandar terus melakukan pemantauan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki ternak sapi dan kambing yang ada di wilayah Kecamatan Rangsang Barat untuk selalu memperhatikan kesehatan ternak, kebersihan kandang dan sumber makan, serta melakukan vaksinasi agar hewan ternak peliharaan lebih kebal terhadap virus dan kuman penyebab penyakit.

"Sepanjang pemantauan tidak ditemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK atau penyakit lainnya. Semua kambing milik bapak Kalimi sebanyak 5 ekor dalam keadaan sehat," kata Praka Agam Iskandar mewakili Danramil 02 / Tebing Tinggi Kapten Inf Tarman Sugianto S.Sos.

Meski PMK tidak terdeteksi, peternak sapi maupun kambing tetap diimbau untuk selalu cermat memelihara ternaknya dengan pola kebersihan lingkungan dan makan yang sehat supaya ternaknya tetap terjaga.

"Bila adanya indikasi wabah PMK yang dicurigai, warga kita imbau segera melapor ke kita agar dapat dilakukan upaya pencegahan untuk berkoordinasi dengan Dinas Peternakan agar penularan tidak meluas," jelas Praka Agam Iskandar,. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan