News

Masyarakat Diimbau Proaktif Awasi Pergaulan Anak

ROKAN HULU - Pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan pelaku yang bukan hanya orang jauh, bahkan orang terdekat korban sekalipun kerab terjadi di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Oleh sebab itu, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman menghimbau seluruh masyarakat Riau pada umumnya, khususnya di Kabupaten Rohul untuk proaktif mengawasi anak, terutama saat bergaul di luar rumah. 

Kendati, kasus pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur yang cukup menyita perhatian publik ini sudah ditanggapi serius oleh pemerintah dengan memberlakukan hukuman kebiri kepada para pelaku. Namun, lebih baik para orang tua lebih meningkatkan kewaspadaan, sebelum kejadian.

"Saya ingatkan, orang tua lebih proaktif awasi pergaulan anaknya, sesibuk apapun orang tua dengan pekerjaannya, jangan lengah," pesan Bupati Sukiman.

Orang nomor satu Rohul itu juga mengungkap, dari sejumlah kasus yang dilihat baik di media televisi, bisa menjadi pembelajaran bagi setiap orang tua. Peran orang tua sangat dibutuhkan anan, menjauhkan mereka dari hal yang tidak diinginkan.

Kata Bupati, banyak faktor yang menjadi pemicu terjadi kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, mulai dari faktor lingkungan keluarga, ekonomi, sekolah hingga di lingkungan masyarakat itu sendiri.

"Kejahatan seksual terhadap anak banyak terjadi akibat kesenjangan hubungan antara orang tua dan anak. Selain orang tua yang terlalu sibuk mengurus pekerjaan, sehingga anak sedikit terabaikan," jelas mantan Dandim Inhil kepada wartawan, Kamis (5/7/2018). 

Kemudian, Bupati Sukiman juga mengingatkan kepada guru dan pihak pengamanan di sekolah agar ikut mengawasi anak selama berada di lingkungan sekolah. 

"Pihak sekolah wajib bertangggung jawab penuh terhadap keamanan dan keselamatan siswanya selama berada di lingkungan sekolah," tegas Bupati Sukiman.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan