Lingkungan

Kukerta di Meranti, Mahasiswa UR Olah Kelapa Jadi Nuged dan Sirup

MERANTI - Mahasiswa Universitas Riau (UR) olah kelapa jadi Nuged dan Sirup saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di wilayah Kecamatan Ransang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Selain mempunyai daya tarik wisata Tasik Air Putih yang menawan, Desa Teluk Samak juga merupakan salah satu desa penghasil Kelapa terluas di Pulau Ransang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata di wilayah Kecamatan Ransang untuk berinovasi dari potensi tersebut.

Demikian diungkap Koordinator Desa Kukerta UR Desa Teluk Samak, Ranggawan Nurdin, Senin (23/7/2018).

"Kami bersama masyarakat saat ini sedang menjalankan Program pertama kami , dengan membuat inovasi baru berupa Nuged ampas kelapa dan Sirup air kelapa tua," ujar Rangga.

Menurut Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UR ini, dengan program pemanfaatan potensi kelapa ini diharapkan bisa menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat Desa Teluk Samak.

Selain itu, dengan pengolahan Nuged ampas kelapa dan Sirup air kelapa tua ini juga nantinya bisa menjadi oleh-oleh ciri khas Desa Teluk Samak dan juga untuk Kabupaten Kepulauan Meranti kedepannya.

"Saat ini, program tersebut sedang berjalan, Insyaallah, ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, sekaligus sebagai oleh-oleh khas daerah ini,"ungkapnya. (red/rtm3)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan