Ekonomi

Deputi Ops SKK Migas Kaget Riau Alami Tunda Bayar DBH

PEKANBARU - Deputi Operasional SKK Migas, Fatar, kaget kalau Provinsi Riau ternyata mengalami tunda bayar terhadap DBH (Dana Bagi Hasil) dari Pemerintah Pusat.

Menurutnya, hal ini seharusnya tidak terjadi karena penyalurannya sudah tersistem secara otomatis begitu minyak sudah terjual.

"Terus terang saja, kami agak kaget juga. Kok DBH yang seharusnya sudah otomatis, begitu sudah dijual migasnya, ada residunya, dipotong dengan biaya operasional dan produksi maka secara otomatis DBH sudah dibagi. Ini input bagi kami dan berjanji akan ditindaklanjuti," kata dia, Kamis 1 November 2018, saat menjawab pertanyaan pada pertemuan Pemprov Riau dengan Komisi VII DPR RI dalam reses masa Persidangan I tahun Sidang 2018-2019.

Lebih jauh diakui oleh Fatar, Provinsi Riau merupakan daerah yang produksi minyaknya yang terbesar secara nasional yang mencapai 70 persen. Kata dia, maka tentu DBH nya juga cukup besar yang jika terjadi tunda bayar tentu sangat berpengaruh besar terhadap keuangan di daerah.

"Sepulang dari sini, kami akan bicarakan dengan tim dan kami berjanji akan koordinasikan ke Kemenkeu," kata dia.

Sementara itu Ketua Komisi VII DPR RI, M. Nasir saat dikonfirmasi setelah pertemuan mengatakan, persoalan ini akan ditindaklanjuti dengan secepatnya agar DBH segera disalurkan.

"Kita nanti akan undang Pemprov Riau, daerah Kabupaten/Kota penghasil, Dirjen Keuangan dan SKK Migas untuk dirapatkan di Komisi VIII DPR RI," kata dia.

Sementara itu saat dikonfirmasi lagi berapa besaran tunda bayar DBH terungkap berdasarkan dari hasil pertemuan yang dilakukan, Nasir menyebutkan untuk tahun 2017 ada sekitar Rp 1,7 triliun, sedangkan yang selisih perhitungan ada sekitar Rp 2 triliun.

Kata dia, dana ini untuk segera diberikan karena pusat sudah mengambil hasil migasnya tapi pembayarannya belum diberikan.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan