Ekonomi

Ekonomi Riau Tumbuh 2,98 Persen

PEKANBARU - Ekonomi Provinsi Riau terus tumbuh, walau menghadapi krisis global, namun pada tahun 2018 masih terus tumbuh di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera sebesar 4,72 persen dan di bawah pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17 persen.

Hal ini diakui oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi saat menggelar ekspose akhir tahun di Balai Serindit, Gubernuran, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (31/12/2018) malam.

"Pertumbuhan ekonomi Riau tertimpa oleh pengaruh harga-harga global, khususnya sektor harga komoditi perkebunan dan migas. Harga komoditi kita ditentukan pasar global, ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Riau," kata Sekdaprov Riau ini.

Kendati demikian, pertumbuhan ekonomi Riau pada tahun 2018, kata Sekda, tercatat naik sebesar 2,98 persen dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya sebesar 2,71 persen.

Di mana, sektor jasa keuangan dan asuransi merupakan sektor dengan kontribusi pertumbuhan terbesar, yaitu sebesar 7,96 persen. 

Naiknya pertumbuhan ekonomi Riau juga disokong seiring pengalihan dan upaya lain pada sektor pariwisata dan sektor non migas.

"Tentunya tahun depan kami berharap beberapa kabupaten dan kota akan mengejar angka rata-rata pertumbuhan ekonomi naisonal," kata dia. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan