News

Meranti Daerah Pemekaran Terbaik di Indonesia

MERANTI – Kabupaten Kepulauan Meranti pernah menjadi daerah pemekaran terbaik di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Hal tu tak terlepas dari gencarnya pembangunan yang dilakukan setiap tahunnya.

Saat itu Kepulauan Meranti menjadi terbaik kedua setelah terpaut hanya 0,1 poin dari Kota Tangerang Selatan yang merah nlai 80,5. Penilaian dilakukan oleh Direktorat Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Kementerian Dalam Negeri.

Ini menjadi bukti bahwa, menjalankan roda pembangunan yang berkeadilan untuk semua bidang memberikan dampak yang besar bagi pengelolaan manajemen tata kelola pemerintahan yang baik dan benar yang tak lain untuk kesejahteraan masyarakat.

“Namun demikian, kita tidak boleh larut dalam eforia keberhasilan pembangunan.  Masih banyak pekerjaan dan target yang harus dicapai. Dengan pelaksanaan konsistensi Pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, kita harus selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan (growth), pemerataan (developing) dan keberlanjutan (sustainabilty) dengan pendekatannya  merujuk pada sasaran pembangunan nasional yaitu memacu pertumbuhan (pro growth), pengetasan kemiskinan (pro poor), membuka lapanagan kerja (pro job) dan keberpihakan kepada lingkungan dan keberlanjutannya (pro environtment),” ungkap Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi.

Mantan Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof Djohermansyah Djohan yang kini menjadi guru besar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mengaku salut dengan perkembangan Meranti. Dimana walaupun dengan kondisi keuangan terbatas mampu memaksimalkannya.

"Kepulauan Meranti ini sangat berhasil sebagai daerah pemekaran. Kepulauan Meranti nantinya bisa menjadi daerah percontohan bagi seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia," ungkap Djohermansyah.

Kenapa Kepulauan Meranti lebih special dari daerah pemekaran lainnya, bahkan dari Kota Tangerang Selatan yang dinobatkan menjadi yang terbaik, Dirjent Otda menilai secara letak geografisnya Kepulauan Meranti yang terdiri dari pulau-pulau itu perlu diakui sangat sulit untuk melanjalankan pemerintahan dan melakukan pembangunan.

Namun Pemkab Meranti mampu melaksanakannya dengan baik, bahkan terus menunjukkan grafik yang terus menanjak tajam.

"Secara geografis, Kepulauan Meranti sangat sulit untuk menjalankan Pemerintahan dan melakukan pembangunan. Namun menghadapi itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sangat bisa menjalankan dan melaksanakannya dengan baik dan maksimal," sebutnya.

Menurutnya Keberhasilan itu bisa terwujud atas kerja keras Bupati dan jajarannya serta pihak DPRD. Dia juga berpesan agar berbagai upaya atas Pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Meranti dapat terus dilanjutkan dan diteruskan. Sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat dapat tercipta. 

"Catatan kemajuan di Meranti sangat signifikan. Apa yang dilakukan pemerintah harus dilanjutkan apalagi dengan tantangan yang besar kedepannya. Kami sangat konsen daerah baru. Kita harapkan Meranti bisa bertambah baik dan maju dikemudian hari," terang mantan Pj Gubernur Riau itu.(MC Meranti)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan