News

Guru di Rangsang dan Tebingtinggi Timur Ikut Sosialisasi 4 Pilar

MERANTI - Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik (guru) tentang 4 Pilar Kebangsaan, Anggota Komisi X DPR RI H. Jon Erizal bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada para guru di 2 Kecamatan yakni Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur, kegiatan ini dipusatkan di Aula Kecamatan Rangsang, Rabu (10/4/2019).

Seperti diketahui 4 Pilar Kebangsaan merupakan Tiang Peyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman tentram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan bencana. 4 pilar tersebut meliputi 1.Pilar Pancasila, 2. Pilar UUD 1945, 3. Pilar Negara Kesatuan RI, dan 4. Pilar Bhineka Tunggal Ika.

Hadir dalam kegiatan ini, Srikandi Pejuang Meranti H. Jahlelawati, Kepala Dinas Pendidikan Meranti H. Nuriman, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Camat Rangsang Drs. Tunjiarto M.Si, Camat Tebing Tinggi Timur Rayan Pribadi SH, Kabid Dinas Pendidikan Meranti Syafrizal dan Ratusan Guru Peserta Sosialisasi 4 Pilar.

Dalam sosialisasi tersebut, Anggota Komisi X DPR RI H. Jon Erizal memaparkan, pentingnya menjaga 4 pilar kebangsaan terutama kepada para guru agar dapat melakukan pendekatan edukatif kepada peserta didik generasi penerus bangsa agar terhindar dari tindak kriminal yang dilakukan generasi muda, misalnya tawuran, pencurian, dan perbuatan negatif lainnya.

"Itu sebabnya lembaga pendidikan baik sekolah maupun keluarga menjadi faktor penentu bagi generasi muda. Sekolah dan orang tua harus dapat memberikan wadah yang baik bagi anak muda untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mereka kepada hal-hal yang positif," jelas Jon Erizal.

Selanjutnya Putra Riau asal Kabupaten Bengkalis itu menceritakan tentang dirinya yang berkarier sebagai politikus yang kini duduk di Senayan, bahwa untuk meraih sebuah kesuksesan dibutuhkan kerja keras dan keseriusan dengan tak lupa berdoa kepada sang pencibta yang menentukan nasip seseorang. 

Mengawali karier sebagai seorang pengusaha Jon Erizal ditawari masuk ke Partai Politik yang dipimpin oleh H. Amin Rais, sejak saat itu ia konsen menekuni dunia politik dan berhasil duduk menjadi Anggota DPR RI Fraksi PAN, selanjutnya pria yang akrab disapa JE itu kembali dipercaya menjadi Bendahara Umum Partai Amanat Nasional dan diusulkan menjadi Calon Gubernur Riau, namun diakui Jon takdir berkata lainnya ternyata amanah yang diberikan Allah adalah menjadi Wakil Rakyat di DPR RI yang hingga saat ini ia jalani. Kesimpulan dari cerita ini adalah H. Jon Erizal berpesa kepada peserta didik untuk menanamkan jiwa dan semangat pantang menyerah jika ingin berhasil seperti yang dicita-citakan.

Selanjutnya pemaparan dari Srikandi Meranti Hj. Jahlelawati yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI apalagi Meranti berada dikawasan lintas batas yang cukup rawan dirasuki berbagai ideologi luar. Pada kesempatan itu ia berharap para guru dapat menyalurkan semangat patriotisme kepada peserta didik dengan cara mengajak siswa terus belajar dari sejarah perjuangan bangsa. Karena menurutnya untuk menjadi bangsa yang besar jangan sampai melupakan sejarah.

"Jangan lupa kiprah guru sebagai pendidik merupakan harapan bangsa, dan jika ingin menjadi bangsa yang besar jangan sampai melupakan sejarah," ucap Srikandi Pemekaran Meranti itu.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pentingnya 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yqng disampaikan oleh kedua nara sumber Anggota DPR RI Jon Erizal dan Srikandi Meranti Hj. Jahlelawati. Kedua Nara Suber ini sama-sama berharap para guru dapat menjadi ujung tombak menjaga pilar kebangsaan tersebut agar dapat tetap kokoh demi tegaknya NKRI. (Hms)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan