News

Gubri Ingatkan PNS Harus Disiplin Dalam Bekerja

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus menerapkan sikap disiplin tinggi, mengutamakan kerapian serta bersikap santun dalam bekerja.

Hal tersebut disampaikan Gubri dalam kata sambutannya pada acara penutupan pelatihan dasar (Litsar) calon PNS golongan II dan golongan III gelombang pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun anggaran 2019, di Balai Tuah Karya Abdi Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau, Jalan Ronggowarsito Pekanbaru, Kamis (27/6).

Selanjutnya, Syamsuar menegaskan bahwa mindset yang harus ada dalam diri seorang PNS itu ialah sebagai pelayan rakyat dan membantu masyarakat yang membutuhkan fasilitas dalam bidang yang ditekuni serta bersungguh-sungguh mengabdikan diri untuk negara.

"PNS itu pelayan masyarakat, harus disiplin, rapi, sopan. Bukan hanya bisanya menyuruh tenaga honorer, tapi kitanya sendiri tidak ada kerja," katanya.

Syamsuar menambahkan, ada beberapa poin yang harus melekat dalam diri seorang PNS yaitu membuat pekerjaan sebagai salah satu ibadah, memiliki sifat yang terpuji, bekerja sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, serta menjadi pengayom masyarakat yang baik.

"Tidak usah bangga jadi PNS kalau hanya untuk menyombongkan diri, PNS itu pekerjaannya banyak, kalau mau tetap dipakai orang jangan melanggar aturan yang berlaku," tambah Mantan Bupati Siak dua periode ini.

Tidak hanya itu, Gubri ini juga mengharapkan kepada para PNS yang ada di Riau, terutama para PNS yang baru mengikuti pelatihan untuk bersungguh-sungguh dalam bekerja, menerapkan ilmu disiplin seumur hidup, serta menjadi agen perubahan bagi PNS yang telah lama mengabdi.

"Hendaknya yang baru dilantik ini mengubah wajah baru bagi PNS yang lama sebagai contoh, baik dari segi sikap, disiplin, kerapian serta bidang keilmuan lainnya yang baru didapat selama Litsar. Bukan hanya habis ini, semua kembali seperti kebiasaan lama," tuturnya.

Selain itu, Gubri juga menghimbau kepada seluruh tamu yang hadir untuk bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Ia juga menyampaikan agar tidak ada lagi PNS maupun tenaga honorer lainnya di lingkungan Pemprov Riau berkeliaran pada jam kerja tanpa ada urusan dan izin dari kantor.

"Semoga kalau Wakil Gubernur (Wagub) Edi Natar melakukan inspeksi mendadak tidak ada lagi PNS atau karyawan Pemprov lainnya yang berkeliaran pada jam kantor," jelas Syamsuar. (MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan