Ekonomi

Riau Ekspor 4 Ton Kerang ke Thailand

PEKANBARU - Provinsi Riau mulai melakukan ekspor kerang darah (Anadara granosa) ke Thailand dengan volume mencapai empat ton setiap hari melalui jalur udara Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Mudah-mudahan dengan dibukanya ekspor melalui penerbangan langsung ini ekspor kerang akan terus meningkat," kata Kepala Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Pekanbaru Eko Sulistyanto, seperti dilansir dari riauonline.co.id, Senin.

Sebanyak empat ton kerang darah yang merupakan hasil budidaya nelayan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau mulai diekspor ke Thailand setiap hari pada tahun ini. Potensi nilai ekonomi ekspor tersebut mencapai Rp5,5 miliar setiap bulannya.

Sejatinya, Eko mengatakan kegiatan ekspor kerang darah ke Thailand mulai dilakukan sejak beberapa waktu terakhir. Namun, dia mengatakan pihaknya bersama dengan pemerintah dan pengusaha akan terus berupaya meningkatkan jumlah ekspor seiring komitmen pemerintah dalam mendukung peningkatan potensi sumber devisa tersebut.

Saat ini, baru ada dua perusahaan di Riau yang bergerak dalam kegiatan ekspor kerang ke Thailand. Kedua perusahaan itu milik masyarakat setempat yang berada di Pekanbaru. Sistem ekspor kerang itu sendiri diawali dengan pengiriman kerang hidup dari Rokan Hilir ke Pekanbaru untuk selanjutnya diterbangkan ke Thailand.

Ke depan, Eko mengatakan pengembangan ekspor kerang diharapkan tidak hanya ke satu negara melainkan sejumlah negara lainnya sehingga membantu peningkatan ekonomi nelayan Rokan Hilir.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution berharap ekspor kerang secara langsung melalui jalur udara menjadi tonggak awal Bumi Lancang Kuning sebagai penghasil dan eksportir komoditas ikan

"Kita sangat punya potensi. Dulu kan pernah Rokan Hilir jadi daerah eksportir ikan terbesar dunia. Sementara tadi kita lihat baru ada dua perusahaan. Makanya kita akan terus lakukan pembinaan. Potensi kita besar sekali," kata Edy. (*)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan